Untuk Indonesia

Curhat Tim Takraw Gorontalo: Sempat Dapat Tawaran Rp 200 Juta untuk Mengalah

Dulohupa.id- Sebelum akhirnya mampu membawa medali emas ke Gorontalo, tim cabang olahraga (cabor) Takraw Gorontalo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sempat mendapatkan tawaran Rp 200 juta untuk mengalah. 

Tawaran uang ratusan juga itu sebagai sogokan dari tim lawan agar tim takraw Gorontalo mau menghentikan langkahnya ke babak selanjutnya. 

Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama saat tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo/Fandiyanto Pou

“Benar, kami dapat sogokan untuk pertandingan takraw dari daerah lain. Sogokan itu jumlahnya sekitar 200 juta, tapi kita tolak,” ungkap Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama saat ditemui tiba di Bandara Djalaludin Gorontalo, Jumat (15/10). 

Namun kata Fikram, pihaknya sama sekali tak tergiur dengan tawaran itu dan konsisten menjaga nama baik Gorontalo. Karena penolakan itupun, hasilnya tim takraw Gorontalo mampu memenangkan pertandingan dan berhasil membawa medali emas.  

“Maka kejadian seperti ini harus dihindari, terutama untuk para atlet maupun pelatih. Menjaga nama baik daerah itu lebih  bagus daripada menerima sogokan,” ujarnya. 

Sementara itu, salah satu Atlet Takraw Provinsi Gorontalo, Abdul Halim  yang masuk dalam tim inti PON XX Papua mengatakan, sogokan itu benar. Bahkan  salah satu anggota tersebut datang kelapangan langsung dan menawari uang, agar tim dari Gorontalo kalah dalam pertandingan. 

“Jangan hanya uang 200 juta nama baik Gorontalo rusak. Jadi, di situ kita sempat sok, tapi kita menolak dengan tawaran itu dan tetap berpegang teguh untuk terus membawa nama baik Gorontalo,” tutup Halim.**

Comments are closed.