Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cegah Covid-19, Pemkab Boalemo Siapkan Anggaran 9.2 Miliyar

Dulohupa.id – Sebagai salah satu upaya dalam pencegahan dan penanggulanan Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo telah menyediakan anggaran 9.2 Miliyar.

Hal ini seperti yang disampaikan Wakil Bupati Boalemo Anad Yusuf dimana menurutnya, angka ini naik dari yang telah disampaikan saat rapat bersama forkopimda Provinsi Gorontalo senin kemarin, yang hanya menysihkan 1,1 miliar dari anggaran daerah.

Dikatakan oleh Anas Yusuf, besaran anggaran ini dihasilkan dari usulan sejumlah OPD saat melaksanakan rapat bersama membahas pergeseran anggaran selasa, (31-03-2020).

“Tadi kita sudah rapat, dan diusulkan 9,2 miliar yang akan dibutuhkan dalam penanganan Covid-19,” ungkap Anas.

Lanjut menurut Wakil Bupati, nantinya anggaran 9.2 Miliyar yang akan difokuskan pada pengadaan APD, akan diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dibidang kesehatan.

“Kita akan geser dari DAK serta DPRD juga menyumbang 500 juta,” urainya.

Dikatakan pula Anas, rencananya usulan rincian anggaran tersebut akan digeser kemeja bupati sebelum nantinya akan diserahkan ke pihak DPRD.”Saya rasa bupati akan segera menyetujui, agar langsung kita serahkan ke DPRD,” tambahnya.

Dalam proses pergeseran anggaran ini, Wakil Bupati Juga menyampaikan, pihak Pemkab akan melakukan koordinasi dengan BPK, BPKP, serta unsur kejaksaan.

“Sesuai instruksi kami akan minta petunjuk dengan instansi lain, seperti BPK, BPKP dan kejaksaan,” pungkasnya. (Sutri)