Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cegah Covid-19, Layanan di Dukcapil Kabupaten Gorontalo Dilakukan Secara Online

Dulohupa.id – Ditengah Pencegahan Pademi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Dinas Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) gunakan aplikasi online dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Muhtar Nuna, kepada sejumlah awak media pada Kamis (23-04-2020) dimana menurutnya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 Dinas Dukcapil membuat aplikasi dengan sebutan LINE Disdukcapil. Aplikasi ini dikatakan oleh Muhtar, bisa langsung di download di Play Store dan segalah pengurusanya semuanya gratis.

“Aplikasi ini guna untuk mencegah Penularan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo, aplikasi ini berguna untuk mengurangi pelayanan secara offline atau berhadapan secara langsung dengan pengurus, sehinggah masyarakat bisa langsung mengurus semua Akta, KTP, serta dokumen lainnya secara online,” ujarnya.

Mantan Kadis Nakertrans Kabgor ini menambahkan, Dinas Dukcapil mengadakan aplikasi online, karena melihat adanya masyarakat yang jaraknya jauh, selain itu juga berguna menghindari pengurusan pihak ke tiga atau bisa disebut Calo.

“Jadi selain pencegahan penularan Covid-19 di Kabgor, pemerintah khususnya dari Dinas Dukcapil menghimbau agar kiranya untuk menghindari adanya pengurusan menggunakan pihak ketiga seperti itu, karena akan menimbulkan unsur yang berakibat ketiga. Dinas Dukcapil juga tidak memperbolehkan pengurusan seperti itu,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan oleh Muhtar, Dinas Dukcapil sudah mensosialisasikan aplikasi online ini di seluruh kecamatan yang ada di Kabgor. “Saya berharap adanya Aplikasi LINE Disdukcapil ini, bisa berguna untuk masyarakat Kabgor, dan membuat masyarakat mengurangi adanya aktivitas diluar rumah,” pungkasnya. (ADE)