Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Buron Selama 7 Bulan, Pelaku Penggelapan Mobil Berhasil Diamankan Polisi

Dulohupa.id – Reserse Mobile (Resmob) Polda Gorontalo meringkus pria berinisial SO (29) di Jalan Pangeran Hidayat, Kota Gorontalo, Senin kemarin (24/08) pukul 22:00 WITA.

Pria yang merupakan warga Desa Suka Damai, Kecamatan Bolango Utara, Kabupaten Bone Bolango itu masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), terkait kasus penipuan dan penggelapan dua unit mobil mini bus dan uang tunai 180 juta rupiah.

Sebelum diringkus pada tengah malam tersebut, SO sebelumnya sudah sempat melarikan diri ke wilayah Makasar, Jawa Tengah, dan Bekasi. Ia lalu kembali lagi ke Gorontalo pada tanggal 24 Agustus 2020.

“Awalnya SO ini sudah ditetapkan tersangka oleh penyidik. Namun sudah dua kali pemanggilan, dirinya tidak memenuhinya. Saat akan dijemput paksa, pelaku sudah melarikan diri ke wilayah Makasar, Jawa Tengah, Bekasi, dan baru pada tanggal 24 Agustus kembali lagi ke Gorontalo. Kami pun langsung melakukan pencarian terhadap pelaku usai mendapat informasi kepulangannya ke Gorontalo,” kata Ketua Tim Resmob Polda Gorontalo, Ipda Sucipto Amboy.

Sucipto menjelaskan, jika modus pelaku ini adalah dengan meminjam mobil rental, dan lantas menggadaikannya ke orang lain.

“Modus pelaku awalnya meminjam mobil rental untuk keperluan pribadi. Saat dalam kepemilikan, pelaku menggadaikan mobil tersebut ke orang lain,” terang Sucipto.

Dari data laporan yang masuk ke polisi, pelaku sudah berulang kali menjalankan aksinya. Sebab, terdapat sejumlah laporan ke Mapolres Gorontalo dan Mapolres Gorontalo Kota, dengan identitas yang sama dan modus yang sama pula.

“Saat ini, pelaku sudah kami amankan di Mapolda Gorontalo, guna pemeriksaan lebih lanjut, dan mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tutup Ipda Sucipto Amboy.

Reporter : Jebeng