Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Bukan Hanya Materi, Oksigenpun Disedekahkan oleh ASN dan Masyarakat Kabupaten Bone Bolango

49
×

Bukan Hanya Materi, Oksigenpun Disedekahkan oleh ASN dan Masyarakat Kabupaten Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Penanaman pohon di Bone Bolango.
Pelaksanaan gerakan sedekah pohon dan oksigen dengan menanam 18.000 pohon secara massal dan dilaksanakan secara serentak di 18 kecamatan, 160 desa, dan lima kelurahan di wilayah itu, Rabu (18/9/2019). (F.AKP)

Dulohupa.id – Selama ini jika ingin membantu atau bersedekah pasti dengan barang ataupun dengan materi dan lain sebagainya, namun berbeda dengan ASN dan masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. Oksigenpun mereka sedekahkan kepada orang lain. Sedekah oksigen ini tidak secara langsung diberikan, namun dengan cara penanaman ribuan pohon di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Dengan  gerakan sedekah pohon dan oksigen dengan menanam 18.000 pohon secara massal dan dilaksanakan secara serentak di 18 kecamatan, 160 desa, dan lima kelurahan di wilayah itu, Rabu (18/9/2019).

Menariknya, kegiatan yang diawali dengan apel penanaman pohon secara massal di Alun-Alun Bone Bolango itu tidak hanya melibatkan warga, ASN, tenaga honor, dan siswa, tapi juga dihadiri langsung delegasi enam negara, di antaranya Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, Solomon Islands, Philippines, dan Indonesia sendiri.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, hari ini Bone Bolango sedekah pohon dan oksigen. kegiatan yang sangat besar, tanpa biaya atau proyek. Tapi gerakan massal warga, ASN, tenaga honor, dan siswa untuk menanam lebih kurang 18.000 pohon, terdiri dari 15.000 bibit buah-buahan, dan 3.000 pohon pelindung.

Menurut Hamim, Kabupaten Bone Bolango merupakan paru-paru Gorontalo, untuk itu kegiatan penanaman pohon ini sangatlah penting. “Kita harus terus jaga kehijauannya, hutannya, dan lingkungannya harus banyak pohon-pohon pelindung supaya mengurangi suhu atau cuaca yang panas di Gorontalo”. jelasnya

“Bayangkan, dengan 15.000 pohon buah-buahan yang kita tanam hari ini. Kalau kita seriusi hasilnya akan kita lihat 3-4 tahun mendatang. Kita punya pohon buah-buahan yang baru. Tentu ini akan menambah variasi buah yang kita makan. Apalagi orang Gorontalo ini jarang sekali makan buah, paling kalau makan buah hanya buah pisang, pepaya, dan manga”. Ujarnya

Hamim berharap pohon-pohon yang ditanam tersebut harus tumbuh. Tidak boleh mati, pastikan tumbuh dan setiap pohon harus diberi nama penanamnya.

Sementara itu, Kepala BPDAS-HL Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Seksi Program DASHL Muh. Bakri Nongko menambahkan, kegiatan sedekah pohon dan oksigen dengan menanam pohon di Bone Bolango merupakan kegiatan kolaborasi dan kerja sama yang melibatkan berbagai pihak yg di inisiasi oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

BPDAS-HL Bone Bolango Provinsi Gorontalo, lanjut Muh. Bakri Nongko, berpartisipasi dengan memberikan bibit gratis ke Pemerintah Daerah melalui Bupati untuk selanjutnya didistribusikan ke ASN dan masyarakat di 18 kecamatan yang hari ini serentak dilakukan penanaman. (She)