Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

BPOM Gorontalo Sudah Bisa Priksa Mandiri Swab Test Covid-19

Dulohupa.id – Gerak cepat pemerintah dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 terus dilakukan. Pekan depan Gorontalo sudah bisa priksa mandiri Swab Test Covid-19

Di Gorontalo sendiri, Pemprov Gorontalo yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, telah menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan sampel spesimen dengan menggunakan alat Reaksi Berantai Polimerase atau yang dikenal dengan istilah PCR. Alat ini nantinya akan mulai dioperasikan mulai pekan depan.

“Semuanya sudah siap,Kita tinggal menunggu reaktornya, kata Yudi Noviandi Saat konfrensi pers di kantor BPOM Gorontalo, Jum’at (17/4/2020).

Dalam pengoperasiannya kata Yudi, alat yang dimiliki BPOM ini mampu melakukan pemeriksaan hingga 100 spesimen perharinya.

“Alat kita bisa lebih cepat mendiagnosis, paling cepat 4 jam sudah diketahui hasilnya” Terang Yudi.

Nantinya laboratorium ini akan menerima spesimen dari rumah sakit atau instansi terkait yang ditunjuk pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Saat ini baru RSAS yang menjadi rujukan, nanti lihat kedepan apakah RS lainnya sudah bisa mengirim langsung spesimen” Tandasnya. (Surti)