Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bonsai Kelapa, Bisnis Kreatif Ditengah Pandemi

Dulohupa.id – Bonsai adalah teknik mengkerdilkan tanaman yang dulu sempat populer ditengah masyarakat Indonesia. Seni kreatif tanaman bernilai ekonomi tinggi itu, menyedot banyak perhatian masyarakat.

Kini, seni bonsai kembali populer. Namun kali ini adalah Bonsai Kelapa. Tak hanya menjadi hoby, Kelapa bonsai juga menjadi salah satu bisnis kreatif yang dijalankan oleh masyarakat kala pandemi Covid-19 melanda Gorontalo.

Untuk seni bonsai Kelapa sendiri di Gorontalo telah ada komunitasnya. Komunitas yang berdiri tahun 2018 itu, kini telah beranggotakan cukup banyak.

bonsai kelapa_gorontalo_dulohupa.id
Pencinta Bonsai Kelapa Melakukan Perawatan ( Ft. Deko/dulohupa.id)

Achril Babyonggo Ketua Komunitas Bonsai Gorontalo mengatakan banyak orang yang tertarik berkreativitas di bonsai kelapa karena keunikannya. Hal yang unik dari bonsai kelapa terlihat dari batok kelapa dan tunas yang tumbuh pada bonsai kelapa tersebut.

“Membuat bonsai kelapa berbeda dengan bonsai pada umumnya, untuk mendapatkan bibit kelapa yang bagus untuk membuat bonsai kelapa sangat sulit” kata achril babyonggo

Bahkan dikatakan achril babyonggo dalam perawatan setiap tiga bulan bonsai kelapa harus di bentuk karakternya sehingga besar bisa terlihat indah.

“Untuk soal harga bonsai kelapa, bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung kesulitan dan keunikan karakter bonsai kelapa “ tambah achril babyonggo

bonsai kelapa_gorontalo_dulohupa.id
Pencinta Bonsai Kelapa Melakukan Perawatan ( Ft. Deko/dulohupa.id)

Achril Babyonggo mengaku dalam proses budi daya pohon kelapa bonsai, tidak selalu berhasil tidak sedikit yang dibuatnya mati, namun bonsai kelapa yang gagal tersebut digunakan menjadi kerajinan tangan untuk menghias rumah.

“Hidup berguna, matipun bermanfaat merupakan moto kami dikomunitas kelapa Gorontalo” kata Achril
Karakter bonsai kelapa yang di buat oleh komunitas bonsai kelapa Gorontalo bermacam-macam ada batok kelapa berbentuk burung,ikan hingga kura-kura .(jebeng/Deko)