Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Berpotensi Timbulkan Bencana, Pemkab Boalemo tak Izinkan Pertambangan di Dulupi

Dulohupa.id- Keberadaan tambang emas yang ada di Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. Buktinya, permasalahaan tambang tersebut dibahas dalam rapat bersama Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat (18/9/2020) di ruang kantor Bupati Boalemo.

Sebab, keberadaan tambang tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan bencana alam seperti yang melanda beberapa daerah yang memiliki pertambangan illegal.

“Ini sudah bukan lagi permasalahan sepele, dan saya rasa ini perlu ditangani secara serius” kata Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf saat rapat tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Peizinan Terpadu Satu Pintu dan ESDM (PTSP ESDM) Kabupaten Boalemo, Haris Pilomonu, mengungkapkan, pertambangan tersebut rencananya akan dikelola oleh PT Mineral Kencana. Menurutnya, perusaan tersebut sudah pernah mengajukan izin sejak zaman pemerintahan sebelumnya. Namun, izinnya sendiri tidak kunjung keluar.

Sejauh ini kata Haris, pihaknya sudah turun ke lokasi pertambangan tersebut, untuk mengambil sampel hasil pertambangan. Hasilnya, pihak PTSP ESDM menilai kawasan tersebut tidak layak untuk menjadi kawasan pertambangan.

“Setelah melihat di lokasi, sampai saat ini kami belum bisa mengeluarkan izinnya, meskipun mereka memaksa kami” kata Haris Pilomonu.

Reporter: Sutri
Editor  : Wawan Akuba