Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bekerja di Tengah Pandemi, Bawaslu Pohuwato Bekali Petugasnya dengan APD dan BPJS

Dulohupa.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pohuwato memastikan seluruh petugasnya sudah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat melaksanakan tugas.

Bukan hanya APD saja, menurut Koordinator Sekretariat Bawaslu Pohuwato, Rahmawaty Sulaiman, saat ini petugas bawaslu yang bekerja di tengah pandemi, sudah diberikan fasilitas jaminan seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kalau kami di  bawaslu memang setelah adanya pandemi ini, memang mengalami perubahan penganggaran. Untuk kemudian dianggarkan pada proteksi petugas kami di lapangan. Perubahan penganggaran ini bertujuan menyuplai petugas di lapangan seperti memberikan pembekalan APD, dan vitamin selama bertugas di masa pandemi. Juga tak luput memberi jaminan seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” katanya saat di wawancarai di sekretariat Bawaslu Pohuwato, Jumat (7/8/2020).

Kata Rahmawaty, pemberian jaminan seperti BPJS baru dianggarkan tahun ini. Sebab tahun kemarin, banyak petugas seperti panwas kecamatan dan panwas desa, yang mengalami  kecelakaan, sakit, bahkan ada yang meninggal.

“Belajar dari pengalaman tahun kemarin, maka Bawaslu RI mulai menganggarkan pemberian BPJS kepada petugas yang bekerja di lapangan,” ujarnya

Ia juga menambahkan, bahwa BPJS ini juga bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada petugas yang bekerja di lapangan.Sehingga tak perlu khawatir jika kondisi yang buruk terjadi kepada petugas di lapangan. Misalnya sakit dan kecelakaan.

“Ada sekitar 23 orang panwas kecamatan, dan panwas desa sebanyak 104 orang, sesuai dengan jumlah desa, yang telah kami fasilitasi BPJS. Dan syukur alhamdulillah, sampai dengan bulan ini belum ada petugas yang mengalami kecelakaan atau sakit,” tuturnya.

Lanjutnya juga, selain BPJS dan APD, Bawaslu juga selalu memberikan vitamin. Pemberian vitamin ini agar dapat menjaga kondisi petugas tetap fit dan kesehatannya selalu terjaga.

“Vitamin yang diberikan kepada setiap petugas dibagi sesuai tahapan pelaksanaan. Dan untuk APD seperti, face shield, sarung tangan, dan masker juga dibagikan ke setiap petugas saat melaksanakan pengawasan. Dan untuk baju hasmat, mungkin nanti menunggu pada hari H, itupun masih dalam tahap perencanaan,” tutup Rahmawaty. **(Zul)