Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bawaslu Pohuwato Bekerja Sama Dengan FH UNIPO untuk Penelitian dan Pengawasan Pemilu

Dulohupa.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pohuwato bekerja sama dengan Fakultas Hukum (FH) Universitas Pohuwato (UNIPO), dalam hal penelitian hukum dan pengawasan pemilihan umum (Pemilu) di wilayah tersebut. Kerja sama itu ditandai dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di antara keduanya di Aula Kantor Bawaslu Pohuwato, pada Senin, (27/07/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bawaslu Pohuwato, Zubair S. Mooduto menyampaikan, bahwa dengan kerja sama tersebut, artinya masing-masing pihak dapat secara bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi kepada pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa, masyarakat umum, dan mahasiswa.

“Ke depan, kita bisa menjadi partner dan bisa bersama-sama (menyosialisasikan dan melakukan pengawasan pemilu). Karena dalam hal ini, kami (bawaslu) juga butuh penguatan pemikiran dari akademisi (UNIPO). Selain juga membicarakan prosedur normatif,” kata Zubair.

Lanjutnya, bahwa pihaknya memang membutuhkan pikiran banding dari akademisi, agar masyarakat memahami betul apa yang menjadi sasaran dan tujuan utama dari kegiatan pemilu.

“Juga kami dari Bawaslu selalu terbuka kepada adik-adik mahasiswa, baik BEMFAK (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas) Hukum dan HMI Cabang Pohuwato, sebagai agen of control. Juga, apa yang menjadi kegiatan bawaslu bisa mendapatkan pengawalan dari adik-adik mahasiswa” harap Zubair

Tambahnya lagi, kontrol itu diperlukan agar tahu apa saja kekurangan-kekurangan pihaknya selama menjalankan pengawasan. Sebab, “Pada prinsipnya, tentunya kami (Bawaslu Pohuwato) tidak bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dari diri kami sendiri, tanpa ada yang menilai. Olehnya kami selalu membuka diri kepada semua elemen untuk dikritik jika ada (yang kami lakukan) yang tidak sesuai aturan” tutup Zubair.

Menimpali itu, Dekan FH UNIPO mengatakan, bahwa kerja sama yang dijalin tersebut penting sebagai bagian dari penelitian hukum, dan pengawasan pemilu.

“Dalam hal ini, kami di Universitas Pohuwato, khususnya di Fakultas Hukum, ingin melaksanakan kerja sama ini dalam hal pengawasan. Sehingga nantinya ke depan, ini bisa untuk membantu tugas dan fungsi bawaslu itu sendiri,” tutup Muslimah

Kegiatan itu sendiri, selain dihadiri oleh Kepala Bawaslu Pohuwato dan Dekan FH UNIPO, juga dihadiri oleh pejabat bawaslu, sejumlah dosen di UNIPO, dan Ketua HMI Cabang Pohuwato. Acara berlangsung hikmat dan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.