Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bantu Perekonomian di Masa Pandemi COVID-19, KKN UNG Latih Masyarakat Mendaur Barang Bekas

Dulohupa.id – Bantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), mengajak masyarakat dan pemuda di Desa Buntulia Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, mendaur ulang barang bekas hingga menjadi barang bernilai ekonomi tinggi.

Program itu di mulai dengan sosialisasi dan pelatihan daur ulang barang bekas kepada pemuda dan masyarakat yang terdampak COVID-19. Sebagai tempat untuk diskusi dan bertemu antar masyarakat, mahasiswa KKN menggagas pos pintar diskusi.

“Pos pintar yang digagas oleh anak-anak nantinya akan jadi tempat diskusi masyarakat, terkait apa yang akan daur ulang jadi barang yg bernilai jual,” ucap Dayani Suliman Dosen pembimbing lapangan.

Kata Dayani, nantinya dengan melalui sosialisasi dan sejumlah pelatihan keterampilan, masyarakat diharapkan mampu membuat pot bunga dari handuk bekas dan karpet.

“Kami juga mengajarkan cara untuk membuat barang bekas menjadi barang yang berguna, dan bisa juga untuk memulihkan ekonomi ditengah pandemi saat ini,” tandasnya

Sementara itu, Kepala Desa Buntulia, Jardin Saleh mengungkapkan, sangat merespon dan mendukung program yang dibawa mahasiswa KKN UNG tersebut. Dirinya mengharapkan, masyarakat dan pemuda bisa meneruskan program tersebut. Sebab, menurutnya, program tersebut sangat membantu masyarakat yang menganggur.

“Saya mengharapkan kepada kerang taruna dan masyarakat untuk memanfaatkan post pintar untuk mengubah barang bekas menjadi abrang yg lebih bernilai, dan bisa menghasilkan uang,” tutupnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Fandiyanto Pou