Untuk Indonesia

Banjir Bandang Terjang Bumbulan, Lansia dan Anak-Anak Dievakuasi

Dulohupa.id- Intensitas hujan yang tinggi, menyebabkan sungai di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, meluap.  Akibatnya, sejumlah rumah terendam hingga 20 cm pada Kamis (15/7). 

Pantauan di lokasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, saat ini tengah melakukan evakuasi para warga lansia dan anak-anak. 

Sementara warga lainnya, kini sibuk menyelamatkan barang-barang berharganya. Pengakuan warga di lokasi, air yang naik begitu cepat menyebabkan mereka tak sempat bersiap-siap dan melakukan evakuasi dini. 

“Air naik sekitar jam 3, tidak terduga, ini juga muarakan, jadi limpahan air dari atas (Dengilo) mengakibatkan meluapnya sungai di sini,” ujar Soni.

Meski sudah naik sejak tiga jam yang lalu. Namun hingga pukul 18.00 WITA, ketinggian air tidak juga turun, justru semakin naik. Sementara hujan hingga kini masih mengguyur daerah tersebut. 

“Untuk sementara kita masih mencari titik evakuasi, sementara yang jadi titik evakuasi di eks Puskesmas Paguat,” ujar Iswan Gau kepala seksi penanggulan bencana banjir BPBD.

Hingga berita ini dirilis, masyarakat serta BPBD setempat tengah bahu-membahu melakukan evakuasi. 

Reporter: Hendrik Gani

Comments are closed.