Untuk Indonesia

ASN dan PTT di Lingkungan Dinkes Gorontalo Ikuti Swab Test PCR

Dulohupa.id- Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya di lingkungan dinas kesehatan mulai dites swab PCR pagi ini. 

Swab test PCR ini merupakan bagian dari testing, tracing, dan treatment, yang mulai dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam rangka memutus penyebaran COVID-19 di Gorontalo, dan sebagai langkah pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah daerah agar dapat mendeteksi lebih dini penyebaran virusnya. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan 3T (testing, tracing dan Treatment) dan untuk meningkatkan pengawasan bagi petugas kesehatan yang melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kepala UPTD Labkesda, Jeane Dalie disela-sela kegiatan, Senin (12/7/2021). 

Jeane mengungkapkan, ada puluhan ASN dan PTT yang dilakukan swab test pagi tadi, di halaman parkir dinkes provinsi Gorontalo.

“Jumlah pegawai yang melakukan Swab PCR sebanyak 70 orang dengan rincian ASN 46 orang dan PTT 24 orang. Kegiatan ini akan dilakukan kembali sampai seluruh pegawai dilakukan swab PCR,” jelasnya. 

Kata Jeane, pemeriksaan ini juga sebagai upaya Dinas Kesehatan dalam mendeteksi serta menemukan kasus-kasus baru, karena interaksi antara pegawai Dinas Kesehatan maupun pengunjung sangat intens terjadi. 

“Ini yang harus dijaga, dengan demikian keamanan dan keselamatan petugas kesehatan serta masyarakat benar-benar terjaga, poinnya disitu,” tegasnya. 

Yang jelas, katanya, pemeriksaan ini untuk kepentingan bersama dan seluruh petugas kesehatan dalam keadaan safety saat melakukan pemeriksaan dan melayani masyarakat. 

“Sehingga dalam pelayanan nanti tidak ada keraguan, dalam arti petugas sudah safety.”

Jeanny juga berharap, agar seluruh masyarakat Gorontalo pada umumnya terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas mereka sehari-hari. Karena melihat sebaran dan makin tingginya angka yang positif covid-19 saat ini. 

“Protokol kesehatan itu jangan selalu dilupakan. Itu bagian  penting untuk kita laksanakan saat ini, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan tidak membuat kerumunan, agar virus bisa kita putus penyebarannya dengan perilaku ketat protkes,” harapnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.