Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Antusias Masyarakat Gorontalo Menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin

124
×

Antusias Masyarakat Gorontalo Menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin

Sebarkan artikel ini
Antusias Warga dan Mahasiswa Menyaksikan Gerhana Matahari cincin parsial (foto dulohupa.id)

Dulohupa.id – Badan Meteorologi Geofisika (BMKG), Pusat Studi dan Kajian Ilmu Falak, Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, menyediakan alat khusus dan ratusan kacamata bagi masyarakat dan mahasiswa yang ingin menyaksikan terjadinya gerhana matahari cincin. Kamis(26/12/19)

Walaupaun gerhana Matahari cicin di gorontalo hanya berbentuk parsial atau hanya kelihatan separunya, tidak mengurangi antusias masayarkat maupun mahasiswa untuk mengabadikan fenomena gerhana matahari tersebut.

Direktur (PUSKIF) Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo Nursodik El-Hadee, Mejelasakan gerhana matahari tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, karena bisa berbahaya bagi mata sehingga pihaknya telah meyediakan alat khsus.

“selain alat dari Bmkg, Kita juga telah menyediakan kacamta khusus untuk melihat fenomena gerhana matahari cincin parsial tersebut” jelas Nursodik.

Gerhana Matahari di Gorontalo terlihat sejek  pukul 12:35:49 wita, dan puncaknya pada pukul 14:24:50 wita.

Selain untuk meberikan fasilitas bagi masyarakat,  Badan Meteorologi Geofisika (BMKG)  Pusat Studi,dan Kajian Ilmu Falak, Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, melakukan pengamatan ini bersama mahasiswa,  agar dapat mengetahui teori ilmu falak karena sangat langka terjadi di indonesia.

Pusat Studi dan Kajian Ilmu Falak (PUSKIF) Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sebelunya telah  menggelar seminar Untuk membahas Gerhana Matahari. (Erik)