Untuk Indonesia

AMSI Gorontalo Gelar Pelatihan Strategi Komunikasi Vaksinasi COVID-19

Dulohupa.id- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Strategi Komunikasi Vaksinasi Covid-19 untuk Perlindungan Komunitas secara daring pada Sabtu (27/2/2021) pukul 15.30 – 17.30 WITA. Pelatihan itu sendiri digelar bersama Menkominfo, KPC PEN, Siberkreasi, dan KITATAMA.

Acara yang dipandu oleh Hadi Sutrisno Daud selaku Dewan Pertimbangan AMSI Gorontalo ini menghadirkan dua narasumber masing-masing, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes RI.dr Siti Nadia Tarmizi M. Epid, dan Partnership Specialist UNICEF Indonesia, Tubagus Arie Rukmantara.

Terkait kegiatan tersebut Ketua AMSI Gorontalo, Verrianto Madjowa menjelaskan, pada sesi pertama dari Kemenkes akan memberikan penjelasan di antaranya terkait vaksin yang aman dan efektif serta pentingnya vaksinasi Covid-19, serta memberikan pemahaman mengenai diagnosis dan pengobatan Covid-19.

Baca Juga:  Persatuan Perawat di Gorontalo Kecam Kekerasan Terhadap Perawat di Palembang

Sementara di sesi yang kedua, dari Partnership Specialist UNICEF Indonesia lanjut dia, akan memaparkan komunikasi efektif bagi komunitas untuk membangun pemahaman yang baik mengenai pentingnya vaksin Covid-19 dan melawan infodemi.

“Pada sesi kedua itu juga akan menjelaskan cara penyampaian pesan terkait perubahan perilaku dalam upaya penanganan dan vaksinasi Covid-19, serta adaptasi kebiasaan baru,” terang Verri.

Lebih lanjut veri mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada aspek kesehatan, ekonomi dan sosial masyarakat. Hampir semua negara di dunia terdampak pandemi ini.

Baca Juga:  Persatuan Perawat di Gorontalo Kecam Kekerasan Terhadap Perawat di Palembang

Pengenalan vaksin yang aman, efektif dan terjangkau menjadi prioritas politik, ekonomi dan kesehatan masyarakat bagi pemerintah Indonesia untuk melindungi rakyat Indonesia dari infeksi virus COVID-19. Namun, vaccine hesitancy atau keengganan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksin dan imunisasi menjadi penghambat terbesar upaya melindungi masyarakat.

“Mari ketahui diseminasi vaksinasi COVID-19 dalam “Sosialisasi dan Pelatihan Strategi Komunikasi Vaksin COVID-19” bersama Kementerian Kominfo, KPC PEN, Siberkreasi, dan AMSI Gorontalo,” ajak Verry.

Hingga saat ini kata dia, sekitar 50 peserta dari berbagai komunitas di Gorontalo sudah mendaftarkan diri dalam kegiatan yang bakal disiarkan langsung melalui Mimoza Tv.

Reporter: Jebeng

Comments are closed.