Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Alissa Wahid; Pemerintah Perlu Melakukan Kajian Terkait Pemulangan Eks ISIS ke Indonesia

73
×

Alissa Wahid; Pemerintah Perlu Melakukan Kajian Terkait Pemulangan Eks ISIS ke Indonesia

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Perlu Melakukan Kajian Terkait Pemulangan Eks ISIS ke Indonesia
Alissa Wahid, Koordinator Gusdurian Nasional, Putri Sulung Presiden RI ke-4 (Gusdur). (Ft. Istimewa).

Dulohupa.id – Datangnya Putri Sulung Presiden RI yang ke-4, Alissa Wahid, di Gorontalo saat menghadiri kegiatan Haul GusDur di Asrama Haji, membuat babak baru pergerakan Gusdurian Gorontalo. (15/2/2020)

Usai kegiatan memperingati Satu Dekade Haul GusDur, Alissa diwawancarai terkait dengan pemulangan Eks ISIS. Menurut Alisa, Pemulangan Eks Pasukan ISIS sangat Dilematis perlu di adakan kajian yang lebih lengkap sebelum mengambil keputusan setelah mengambil keputusan apapun itu semuanya hanyalah hirarki.

Alisa menyarankan kepada pemerintah untuk menggunakan beberapa pendekatan terkait pemulangan ini.

” Terkait pemulangan Eks ISIS perlunya diadakan pendekatan. Pendekatan yang dilaksanakan secara manusia murni atau sebagai kewarganegaraan. Kalau pendekatan kewarganegaraan maka yang selalu digunakan sebagai ukuran adalah saat dia memutuskan meninggalkan kewarganegaraan Indonesia, negara sudah tidak memiliki kewajiban. Disaat bersamaan mereka juga adalah bagian dari bangsa ini.” Ujar Alisa.

Alisa Mengaharapkan kepada pemerintah untuk membuat kajian yang lebih lengEkskap sebelum membuat keputusan. Keputusan yang diambil harus sesuai hirarki dari pendekatan legal formal atau kebangsaan. (Dewa)