Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Akhirnya, Gaji ke-13 ASN Pemkab Gorontalo Cair Hari Ini

Dulohupa.id – Penantian panjang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terkait gaji ke-13 akhirnya berakhir. Hari ini, Selasa (11/8), disampaikan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, bahwa gaji itu dipastikan segera dicairkan.

Adapun dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020, disebutkan bahwa gaji ke-13 tahun ini akan diberikan dengan nilai maksimal sebesar penghasilan pada Juli 2020. Penghasilan itu meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

“Gaji ke-13 ini sangat dibutuhkan oleh para ASN, apalagi di masa pandemi COVID-19 dan memasuki tahun ajaran baru. Banyak kebutuhan yang menjadi beban hidup,” kata Nelson

Adapun kata Nelson, Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu yang tercepat dalam pencairan gaji ke-13 tersebut. Sehingga ia berharap, masyarakat membelanjakan gaji tersebut sesuai kebutuhannya.

Selain itu, harapannya juga, dengan cairnya gaji ke-13 ini, dapat menaikan daya beli masyarakat terutama ASN, sehingga roda perekonomian daerah setempat dapat terus berputar

Seperti yang diketahui, jumlah total gaji ke-13 yang akan dicairkan mencapai 23 miliar rupiah untuk 5.059 ASN yang ada di Kabupaten Gorontalo. Meski begitu, dalam PP Nomor 44 Tahun 2020 disebutkan bahwa gaji ke-13 pada tahun ini, tidak akan diberikan kepada pejabat negara, seperti presiden/wakil presiden; pimpinan/anggota DPR, MPR dan DPD; pimpinan MA, MK, BPK, KY dan KPK; menteri dan pejabat setingkatnya; wakil menteri; duta besar; kepala daerah dan anggota DPRD. **(Dhade)