Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONALPemilu 2024POLITIK

Akhiri Masa Jabatan, Ini 2 Sosok Gubernur akan Menuju Pilpres 2024

103
×

Akhiri Masa Jabatan, Ini 2 Sosok Gubernur akan Menuju Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini
Pilpres 2024
Kebersamaan Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Instagram Ridwan Kamil)

JatengPemilihan Presiden (Pilpres) akan di gelar tahun 2024 mendatang. Sejumlah partai politik telah melakukan manuver-manuver politik untuk bisa ikut berkontestasi pada pemilihan orang nomor satu dan dua di Indonesia itu.

Ada dua sosok Gubernur yang menjadi sorotan, karena digadang akan mencalonkan sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Keduanya ialah, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Ganjar Pranowo secara resmi menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah terhitung hari ini, Selasa, 5 September 2023. Tugas pria berambut putih itu di Jawa Tengah digantikan Pj Gubernur Nana Sudjana yang telah dituntuk Presiden Jokowi Widodo. Mengakhiri masa jabatannya di Jateng, Ganjar siap berlari kencang dalam upayanya menuju Gedung Putih. Hal ini disampaikan pula oleh Sekjen PDI Perjuangan.

“Nanti setelah Pak Ganjar Pranowo menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah dan kemudian membangun optimisme dengan penugasan sebagai capres, Sehingga Pak Ganjar Pranowo bisa bergerak lebih cepat di dalam menyapa seluruh rakyat,” papar Hasto di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat dikutip dari berbagai sumber, Selasa (05/9/2023).

Sementara sosok Gubernur Ridwan Kamil atau sapaan akrabnya Kang Emil akan mempertimbangkan beberapa opsi dalam menentukan langkah politiknya.

Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 berakhir pada hari ini, Selasa 5 September 2023 dan digantikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin menjadi Pj Gubernur Jawa Barat. Setelah mengakhiri jabatan gubernur Jawa barat, Kang Emil kini berada di persimpangan jalan dikarenakan ada 4 pilihan yang harus ia putuskan untuk langkah politiknya.

“Ada empat peluang rencana politiknya. Pertama kembali maju pada Pilgub Jawa Barat, kedua maju di Pilgub DKI, ketiga ikut kontestasi politik nasional (capres-cawapres), dan yang keempat menerima tawaran jadi menteri,” ungkap Emil.

Sejauh ini, Kang Emil masih mempertimbangkan langkah-langkah politiknya.

Content Writer/Yayan