Afwan, Kapten Sriwijaya Air SJ-182 Ternyata Sering Sholat di Masjid Baiturahman Limboto

Dulohupa.id– Sosok Kapten Afwan, pilot Sriwijaya Air SJ-182 ternyata bukan orang asing bagi sejumlah warga sekitar Masjid Agung Baiturahman, Limboto, Kabupaten Gorontalo. Pria murah senyum itu ternyata sering meluangkan waktu untuk sholat di masjid tersebut, jika tengah bertugas ke Gorontalo.

Hal ini terungkap dari pengakuan Ridwanto Baruadi, salah seorang mantan Karyawan Sriwijaya air asal Gorontalo. Menurut Ridwanto, Kapten Afwan taat beribadah.

Jika mendapat tugas menerbangkan pesawat ke Gorontalo, Kapten afwan selalu menyempatkan diri untuk singgah dan sholat di Masjid Agung Baiturahman Limboto.

” Bapak (Kapten Afwan,red) jika memang ada schedule di sini (Gorontalo). Paling sering minta Salat di Masjid Agung Limboto kepada supir kami di Mess. Kebetulan jarak Mess Sriwijaya dan Mesjid cukup dekat, ” Ujarnya.

Ridwanto mengatakan, jika penerbangan pagi, subuhnya Kapten Afwan akan sholat di Mesjid Agung. Begitu juga jika tiba di Gorontalo sore hari. Kapten Afwan, Magrib, Isya, dan subuh sholat di Masjid Agung lalu terbang lagi.

” Ya, karena kalau mendarat di Gorontalo sore hari waktu itu, biasanya mereka istrahat di Mess Sriwijaya di Kelurahan Hunggaluwa, Limboto, ” Ujarnya.

Bukan hanya itu, di setiap keberangkatan pun menurut Ridwanto, Kapten sering membagi rezeki kepada para porter Bandara Djalalludin.

“Ya, kadang beliau sering berbagi rezeki (sedekah) dengan mereka. Pasti para porter kenal kepada Almarhum,” terangnya.

Ridwanto mengaku, ia dan beberapa mantan karyawan Sriwijaya air kaget dengan peristiwa ini. Apalagi mendengar kabar Kapten Afwan merupakan pilot dari penerbangan SJ-182 tersebut cukup dikenal mereka.

” Semoga seluruh penumpang dan crew Sriwijaya air pada penerbangan itu mendapat tempat yang layak di sisinya. Diampunkan semua dosa-dosanya, Amin, ” Ungkap Wawan mewakili seluruh mantan karyawan Sriwijaya Air Gorontalo.

Reporter: Fandiyanto Pou