89 Desa di Kabupaten Gorontalo akan Menggelar Pilkades

Dulohupa.id– 89 desa di Kabupaten Gorontalo akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 24 maret 2021 mendatang. Pendaftaran bakal calon berlangsung 7-16 Januari 2021.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Gorontalo telah melakukan sejumlah evaluasi terkait kesiapan desa. Antaranya terkait regulasi hingga tahapan pelaksanaannya.

Bahkan untuk kesiapan pelaksanaan setiap tahapan, Desa telah membentuk panitia pemilihan di setiap desa yang melaksanakan Pilkades.

“Pelaksanaan itu pada tanggal 24 Maret mendatang. Saat ini kami akan turun sosialisasikan di tiap Kecamatan dan Desa. Kami tidak ingin ada masalah dalam pelaksanaanya nanti,” ungkap Kadis PMD Kabupaten Gorontalo, Nawir Tondako.

Lebih lanjut Nawir mengatakan, antusias warga terkait Pilkades sendiri sangat tinggi. Hal ini terlihat dari animo pendaftar bakal calon kepala desa di masing-masing desa yang terlihat sangat banyak.

“Pendaftaran itu dibuka mulai tanggal 7 sampai 16 Januari. Tapi sudah banyak yang mendaftar, Malah ada yang 10 calon dalam 1 desa,” terangnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Pilkades tetap akan memperhatikan protokol kesehatan, mengingat masih kondisi pandemi Covid-19.

 

Reporter: Fandiyanto Pou