Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

2021, Pohuwato Prioritaskan Pertanian Organik

Dulohupa.id – Dinas Pertanian Pohuwato akan mulai menerapkan pertanian berskala organik tahun 2021 mendatang. Hal itu disampaikan langsung oleh kepala dinas pertanian Pohuwato, Ikbar A.P Salam kepada Dulohupa.id via saluran telpon, Senin (9/11).

Kepada Dulohupa, Ikbar menuturkan, kekhawatirannya dengan penggunaan pupuk pabrikan atau pestisida di kalangan petani akan berdampak buruk bagi kesehatan.

“Ke depan kita akan memprioritaskan pertanian organik di Pohuwato. Dan akan mengarahkan program pertanian yang berfokus pada pertanian organik,” kata Ikbar.

 Tentunya, kata Ikbar, mengubah pola masyarakat yang selalu menggunakan pupuk pabrikan atau pestisida tidak mudah, butuh proses. “Kami tentu juga menyadari, mengubah pola masyarakat untuk beralih dari penggunaan pestisida ke pupuk organik memang butuh waktu untuk mengedukasi masyarakat.”

“Dan mengubah masyarakat ini tidak seperti mengucapnya, butuh waktu untuk mengedukasi, tidak seperti sim sala bim langsung jadi,” tuturnya.

Jadi pada tahun 2021 nanti, kata Ikbar, pihaknya akan melaksanakan kegiatan yang berfokus pada pengolahan lahan pertanian yang organik.

“Jadi kami akan membuat percontohan pertanian organik dulu di dinas, semacam Demplot (Demonstrasi Plot)  begitu, setelah itu akan kita kampanyekan ke masyarakat dan mulai mengajak masyarakat menerapkan pertanian organik yang telah kita canangkan tahun 2021 nanti,” ujar Ikbar kepada Dulohupa.id

Ikbar melanjutkan, dengan mengedukasi masyarakat mulai menggunakan pupuk organik dan tidak memakai pupuk pestisida pabrikan, dapat menghasilkan hasil pertanian yang baik untuk dikonsumsi.

“Kita juga harus sadar, bahwa dampak kesehatan yang buruk berawal dari konsumsi hasil pertanian yang dikelola dengan tidak baik, Makanya dengan model pertanian organik, kami harapkan kualitas hasil pertanian lebih bagus dan sehat untuk dikonsumsi. Dan juga mulai membiasakan masyarakat menggunakan pupuk organik agar hasil pertanian yang dihasilkan bagus,” harap Ikbar. (Zul)