Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Wujudkan Smart Government, Kepala Desa di Kabupaten Boalemo Diminta Terapkan Desa Berbasis IT

Dulohupa.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu mendorong setiap kepala desa untuk secepatnya mengadopsi sistem smart governement. Sistem ini memungkinkan setiap pelayanan administrasi di desa berbasis Informasi Teknologi (IT). Dengan begitu, setiap data akan saling terintegrasi.

“Sudah saatnya informasi desa ini sudah harus berbasis IT. Dan seiring dengan nawacitanya Presiden. Dan beliau itu dalam agenda, ada delapan agenda itu, bahwa bagaimana kita membangun dari pinggiran, dari desa. Nah desa saat ini bagaimana menuju satu data untuk desa,” kata Sherman dalam Sosialisasi Smart Government, siang tadi di depan seluruh kepala desa di Kabupaten Boalemo, Kamis (12/11).

Menurut Sherman, kepala desa sebagai orang yang berjanji untuk mengabdi dan melayani masyarakat, mestinya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Sehingga ia mengungkapkan, untuk mewujudkan pelayanan yang baik itu, pihaknya mendorong smart govenrment untuk diterapkan di desa,

“Karena saat ini pelayanan kita ini masih rendah, oleh karena itu kami juga mencatat ada setidaknya lima hal yang penting untuk dilaksanakan di desa, pertama adalah administrasi desa,”

Menurut Sherman, hal-hal yang masih kurang diperhatikan oleh para kepala desa dalam administrasi desa selama ini adalah hal-hal menyangkut pelayanan adminstasi wilayah, adminstrasi pengelolaan keuangan desa, maupun administrasi pemerintahan tentang surat masuk keluar, termasuk peraturan desa.

“Kemudian menurut saya adalah, pelayan pembangunan. Terdiri dari pembangunan fasilitas umum, ketiga adalah pelayanan pemberdayaan sumber daya manusia dan pemberdayaan sumber daya alam yang ada di desa. Yang artinya memberdayakan potensi desa. Nah apakah sudah sampai ke sana bapak-bapak ini,?” tanya Sherman kepada seluruh Kepala Desa yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi yang digelar oleh Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Boalemo, bekerja sama dengan PT. Menara Bintang tersebut.

“Jadi bapak ibu (Kepala Desa) ini sudah ada anggaran di desa, ya sisihkan anggaran untuk membicarakan IT ini, bicara smart govenment. Sebab ini penting untuk kita semua untuk mewujudkan apa yang kita dambakan selama ini,” tutu Sherman

Reporter: Sutri