Untuk Indonesia

Wisuda Berkonsep Hybrid Ala UNG, Begini Sistemnya

Dulohupa.id- Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada 14 Juli 2021 nanti, akan melaksanakan wisuda untuk 643 mahasiswa. Ratusan mahasiswa itu akan dikukuhkan sebagai lulusan terbaik bergelar Diploma, Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor.

Namun, karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Gorontalo dan di hampir seluruh wilayah Indonesia, pelaksanaan wisuda tersebut akan dilakukan dengan konsep hybrid. 

Rektor UNG, Eduart Wolok menjelaskan, bahwa pihaknya memang mengambil langkah ketat dengan menyelenggarakan Wisuda Hybrid, yakni secara Luring dan Daring.

Ia menjelaskan, bahwa wisuda dengan konsep ini nantinya, hanya akan menghadirkan satu orang wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas. Artinya, dalam wisuda tersebut, hanya akan dihadiri oleh sedikitnya 10 wisudawan. 

Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Eduart Wolok/ Wawan Akuba

“Pelaksanaan secara Luring akan mengikuti penerapan protokol kesehatan secara ketat, yang hadir nanti wajib melakukan swab antigen. Ini untuk memastikan yang hadir dalam keadaan sehat dan tidak terpapar virus Covid-19,” terang Rektor.

Sedangkan wisudawan lainnya kata dia, akan mengikuti prosesi itu secara daring, namun tetap dengan atribut sesuai ketentuan akademik. 

Rektor memahami banyak pihak khususnya mahasiswa dan para orang tua ingin mengikuti prosesi wisuda secara luring dengan sistem Drive Thru, namun dirinya tidak ingin mengambil resiko melaksanakan wisuda secara luring mengingat tingkat penularan Covid-19 saat ini cukup tinggi.

“Keputusan ini harus diambil karena demi kepentingan seluruh pihak. Tentunya Kampus tidak ingin mengambil resiko melaksanakan Wisuda Luring yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa,” ujar Rektor.

Comments are closed.