Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialEKONOMIKOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

Wali Kota Gorontalo Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan

58
×

Wali Kota Gorontalo Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan

Sebarkan artikel ini
Jelang Ramadan
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. Foto/Diskominfo

Dulohupa.id – Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengeaskan bahwa pemerintah akan fokus mengendalikan inflasi jelang bulan suci Ramadan. Berdasarkan data terbaru, inflasi di Kota Gorontalo ada di angka 1,9, paling terendah jika dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Gorontalo.

Menurut Marten menjaga inflasi tidak naik adalah urusan wajib dari pemerintah. Inflasi dipicu kenaikan harga bahan pokok, seperti beras, cabai, tomat, bawang dan lain sebagainya, apalagi kenaikan harga melonjak jelang Ramadan.

“Harga bahan pokok naik bisa memicu kenaikan inflasi,” kata Marten ketika diwawancarai usai kegiatan penutupan kuliah subuh yang diselenggarakan pimpinan daerah Muhammadiyah Kota Gorontalo yang dirangkaikan dengan kegiatan halalbihalal, Ahad (3/3/2024).

Untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok ini, lanjut Marten, pihaknya menggandeng pihak-pihak terkait. Misalnya menangani kenaikan harga beras. Kata Marten, Pemerintah Kota Gorontalo bekerjasama dengan Bulog untuk mengefektifkan beras SPHP dan bantuan cadangan beras pemerintah.

“Cadangan beras yang tersedia saya sudah instruksikan untuk tidak ditahan-tahan dan harus segera didistribusikan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Marten, Pemerintah Kota Gorontalo juga kerap melaksanakan operasi pasar.

Sedangkan untuk kebutuhan lain, menurut Marten, juga diberlakukan hal yang sama. Seperti, rica, bawang, tomat, juga dilakukan kerja sama dengan daerah-daerah penghasil. Dikarenakan Kota Gorontalo bukan daerah penghasil. Misalnya kerja sama dengan Kabupaten Gorut, Kota Palu, dan daerah-daerah penghasil barang-barang kebutuhan pokok lainnya.