Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPEMPROV GORONTALO

UPTD Laboratorium Veteriner Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

29
×

UPTD Laboratorium Veteriner Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini
Kurban Hewan
UPTD Laboratorium Veteriner Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban. Foto/yayan

Dulohupa.id – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Veteriner, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo lakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha, Kamis (13/06/2024).

Kepala UPTD Laboratorium Veteriner, Agustina Kilapong mengatakan bahwa pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Ini merupakan agenda rutin kami dari Lab Veteriner Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, jadi setiap tahun itu jelang idul adha minimal 1 minggu (H-7) kita turun melakukan pengawasan untuk hewan-hewan kurban di lokasi-lokasi pengumpulan milik masyarakat,” ujar Agustina usai pemeriksaan hewan kurban di Jalan Tondano, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo.

Menurutnya, hingga saat ini tim telah mengunjungi 3 lokasi untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban. Agustina mengatakan, di lokasi kali ini terdapat 12 ekor sapi yang diperiksa.

“Di lokasi kali ini, ada 12 ekor sapi yang kami periksa. Itu ada 11 ekor yang kami beri label sehat artinya layak untuk jadi hewan kurban, yang 1 (ekor) tidak karena memang untuk umurnya itu belum terpenuhi,” ucapnya menjelaskan.

Kata Agustina, pemeriksaan hewan kurban tersebut dilakukan di seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo.

“Ada tim-tim yang dibenuk. Kita untuk di Dinas Pertanian provinsi, ada yang dari bidang Peternakan dan kami dari Lab Veteriner. Ada juga teman-teman di dinas kabupaten/kota juga itu dimasing-masing wilayah mereka,” pungkasnya.

Reporter: Yayan