Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Ulama Sufi se-Asia Tenggara Gelar Zikir dan Kukuhkan Pengurus MPTT Bone Bolango

182
×

Ulama Sufi se-Asia Tenggara Gelar Zikir dan Kukuhkan Pengurus MPTT Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Ulama Sufi se-Asia Tenggara Gelar Zikir dan Kukuhkan Pengurus MPTT Bone Bolango
Ratusan Siswa, Santri dan Warga Bone Bolango Ikuti Zikir Akbar Bersama Abuya Syekh Amran Waly Al Khalidy di Lapangan Ipot Tapa Rabu malam (20/11/2019)

Dulohupa.id – Para ulama tasawuf atau pengikut ajaran sufistik se-Asia Tenggara bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango menggelar Zikir Akbar dan pengukuhan pengurus Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf-Indonesia (MPTT) di Lapangan Ipot Tapa, Kabupaten Bone Bolango pada rabu malam (20/11/2019).

Menurut Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou, Zikir akbar itu digelar untuk bermunajat kepada Allah SWT dan Rasul serta dirangkaikan dengan silaturahim ulama sufi se-Asia Tenggara.

Tujuan utama para ulama tasawuf itu adalah untuk mengangkat ajaran kesufian di Gorontalo. Alasannya, dilihat dari sisi sejarahnya, daerah Serambi Madinah itu adalah daerah para wali.

“Kalau coba menggali sejarah Gorontalo merupakan daerah kesufian atau tasauf, di mana akhlak-akhlak orang tua dulu sangat baik. Tapi sekarang mulai pudar dari masa ke masa,” kata Hamim Pou

Ulama Sufi se-Asia Tenggara Gelar Zikir dan Kukuhkan Pengurus MPTT Bone Bolango
Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou serahkan piagam penghargaan kepada Abuya Syekh Amran Waly Al Khalidy.

Selain menghadirkan pimpinan majelis Sufi se-Asia Tenggara, Abuya Syekh Amran Waly Al Khalidy, panitia juga ikut mengundang beberapa mursid tarekat, seperti Naqshabandiyah, Qodiriyah, dan Qadiriyah Naqsabandiyah.

.“Pesertanya pun berasal dari Malaysia, Thailand, Aceh, Jakarta, Jawa, Sumatera, Sulawesi, sampai daerah asal Raja Ampat,” sambung Hamim Pou

Buapati berharap, pengkajian tauhid tasawuf yang dilaksanakan ini dapat di manfaatkan dengan sungguh-sunguh. Karena ini merupakan kesempatan yang langka.

“ Kami Masyrakat di Kabupaten Bone Bolango sangat bersyukur Abuya Syekh Amran Waly Al Khalidy telah datang di Serambi Madina Gorontalo. Semoga silaturahmi dan persaudaraan antara masyarakat Aceh dan Masyarakat Gorontalo terus terjalin. Kami begitu tersanjung Kabupaten Bone Bolango menjadi pilihan untuk pengkajian tauhid tasauf yang ke 4 di Asia Tengara.” Tambah Hamim Pou (Kibong)