Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPERISTIWA

Tim SAR Gunakan Alat Seadanya Cari Korban Longsor Tambang Gorontalo

53
×

Tim SAR Gunakan Alat Seadanya Cari Korban Longsor Tambang Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Pencarian Korban Longsor
Tim SAR gabungan bersama penambang saat mencari korban diduga masih tertimbun pasca longsor/Ist

Dulohupa.id – Hari ke 4 proses pencarian terus dilakukan tim SAR gabungan untuk menemukan korban yang masih tertimbun longsor di Tambang Motomboto, Desa Tulabolo Timur, kecamatan Suwawa Tibur, Babupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Sebanyak 230 personel dikerahkan ke lokasi dan tersebar di bebarapa titik longsor. Namun proses pencarian agak kesulitan karena timbunan yang digali hanya menggunakan cangkul, sekop dan linggis. Alat berat tak bisa dikerahkan karena akses medan yang sulit dilalui.

Petugas terpaksa melakukan penggalian dengan cara bergantian untuk menjaga stamina petugas di lapangan.

Selain itu, anjing pelacak juga diturunkan untuk membantu proses pencarian korban. Pencarian dilakukan dengan sangat hati-hati karena ditakutkan terjadi longsor susulan.

Kepala Basarnas, Kusworo memnita anggota sar diharapkan tetap semangat dan dapat melaksanakan pencarian dan pertolongan secara maksimal.

“Perlu waspada dan menjaga stamina karena para personel sudah dibagi-bagi. Memang lokasi ini cukup panjang dan medannya juga cukup sulit, namun diharapkan untuk anggota di lapangan dapat melaksanakan pencarian dan pertolongan secara maksimal,” ujar Kusworo.

Basanas pusat juga telah menerjunkan dua tim Basarnas special group yang sudah ada di lokasi.

“Selain itu kita ketambahan personil dari kantor pencarian dan pertolongan manado,” ujarnya.

Berdasarkan data sementara dari kantor pencarian dan pertolongan gorontalo hingga Rabu (10/7/2024) siang, jumlah korban longsor tambang terus bertambah menjadi 143 orang.