Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Setelah Menempuh Pejalanan Panjang, Peserta Saka Bahari Disambut Ketua Kwarda Pramuka di Rudis Gubernur

Dulohupa.id – Ketua Kwarda Pramuka Gorontalo Idah Syahidah, menyambut peserta Lintas Juang Remaja Bahari satuan Karya Pramuka Bahari Gorontalo, Minggu (02/02/2020) di halaman Rumah Dinas Gubernur.

Lintas Juang Remaja Bahari ini merupakan rangkaian kegiatan refleksi Hari Patriotik 23 Januari 1942. Dimana, peserta Saka Bahari menepaki jejak perjalanan Nani Wartabone dulu.

“Kaka ucapkan selamat datang di halaman Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, bagi adik-adik yang sudah menempuh perjalanan yang panjang sejak dilepas semalam pukul 24.00 WITA di makam pahlawan Nani Wartabone untuk menepaki jejak pejuang Patriotik 23 Januari 1942”, kata Idah.

“Kegiatan yang adik-adik lakukan hari ini, adalah bentuk jawaban masa depan. Buktinya kalian tidak melupakan sejarah, karena sesungguhnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” tambahnya.

Idah berharap, kegiatan ini tidak sekedar kegiatan seremonial saja, bukan pula sekedar kegiatan jalan santai di malam hari. Melainkan menurut Idah, merupakan salah satu cara dalam membentuk karakter anak pramuka sebagai tunas harapan bangsa.

“Harapan terbesar saya juga agar adik-adik Saka Pramuka Bahari, harus jadi pelopor menjaga kelestarian alam melalui stop penggunaan sampah plastik. Kalian merupakan pemuda yang akan berkontribusi untuk negara dimasa yang akan datang. Karena untuk menuju Indonesia emas 2045, dibutuhkan pemuda yang berkatakter dan berjiwa pancasila untuk memimpin Indonesia,” harap Idah.

Diketahui, lintas juang remaja bahari ini dimulai tadi malam (Sabtu malam) dari makam Nani Wartabone dan finish hari ini (Minggu) di rumah Dinas Gubernur yang dulunya merupakan rumah Dinas Asisten Residen.

Sementara itu, peserta dari lintas juang ini adalah anak-anak Pramuka Saka Bahari, utusan Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah 188 peserta. (adv/Humas)