Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Selama Bulan Ramadhan, Salat Berjamaah di Bone Bolango Sementara Waktu Ditiadakan

Dulohupa.id – Selama bulan ramadhan, salat berjamaah di Bone Bolango ditiadakan. Hal tersebut sesuai hasil kesepakatan rapat terbatas Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou terkait pembahasan pencegahan penyebaran covid-19 bersama sejumlah tokoh agama yang dilaksanakan di Rumah Dinas De Bandhayo, Suwawa. Selasa, (14/4/20).

Hadir dalam rapat terbatas tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma dan Asisten I,  Qadhi Bonebol, Ketua MUI Bonebol, Ketua PC NU Bonebol dan Ketua Muhammadiyah Bonebol.

Ratas yang di gelar, untuk membahas persiapan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan tata cara pelaksanaan ibadah ditengah pandemi virus covid-19.

Qadhi Kabupaten Bone Bolango, Kiayi Helmi Podungge, menjelaskan hasil rapat yang meniadakan shalat berjamaah selama bulan ramadhan, baik salat 5 waktu, salat Jum’at, dan salat Tarawih.

“Ini tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran maupun penularan virus corona. Sehingga dianjurkan untuk salat di rumah masing-masing, bukan berarti masjidnya tutup. Mesjid tetap dikumandangkan azan hanya ada lafadz Adzan yang di ganti”. Jelas Kiyai Helmi.

Qadhi juga menambahkan hal ini dapat diberlakukan saat situasi darurat seperti halnya Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Memang ketika dalam keadaan darurat, ini dibolehkan”. Tutup Kiyai Helmi.

Di ketahui, MUI Bonebol telah menyusun buku panduan khusus shalat tarawih, yang akan segera di bagikan sebelum bulan Ramadhan. (Erik)