Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKESEHATANPERISTIWAVideo

Sebelum Meninggal, Bocah Gorontalo Probable Gagal Ginjal Akut Sempat Konsumsi Obat Sirup

317
×

Sebelum Meninggal, Bocah Gorontalo Probable Gagal Ginjal Akut Sempat Konsumsi Obat Sirup

Sebarkan artikel ini
Gorontalo Gagal Ginjal
Ruangan anak di Rumah Sakit MM Dunda Limboto. (Foto: Enda/Dulohupa)

Dulohupa.id – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial RP asal Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo meninggal dunia karena Propable gagal ginjal akut.

Bocah laki-laki itu meninggal dunia di rumah sakit Kandou Manado, Sulawesi Utara pada Minggu 23 Oktober 2022.

Sebelum dirujuk ke rumah Kandou, pasien sebelumnya dirawat di rumah sakit MM Dunda Limboto, karena mengeluh demam, batuk/pilek, mual dan muntah.

Wakil Direktur Rumah Sakit Dunda Limboto, Rilla Rita Thaib mengungkapkan, RP sempat mengonsumsi obat sirup yang diberikan orangtuanya sebelum dirawat di rumah Sakit Dunda Limboto.

“Dua setelahnya, pasien dibawa ke UGD dengan keluhan demam, mual muntah, ada batu filek, itu sudah berlangsung tanggal 14 Oktober di rumahnya. Katanya di rumah itu dia demam dan diberi obat yang sering diminumnya sejak umur dua tahun karena itu obat yang cocok. Itu obat sirup,” ungkapnya kepada awak media, Senin (24/10/2022).

Wakil Direktur Rumah Sakit Dunda Limboto, Rilla Rita Thaib saat diwawancarai wartawan. (Foto: Enda/Dulohupa)

Rilla mengatakan, pasien dengan Suspect sindrom Nefrotic (Gangguan pada Ginjal), sehingga mengharuskan pihak rumah sakit merujuknya ke rumah sakit Manado.

“Iya punya gejala gangguan ginjal (Sindrom Nefrotic) sampai dirujuk itu, karena urine pasien sudah mulai berkurang,” tuturnya.

Sehari menjalani perawatan di rumah sakit Kandou Manado nyawa pasien tak tertolong.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi dinas kesehatan Provinsi Gorontalo, meninggalnya bocah rait pakaya menjadi kasus pertama probable gagal ginjal akut di Gorontalo.

Dinas kesehatan belum memastikan gagal ginjal yang diderita pasien karena pengaruh sering mengonsumsi obat sirup atau tidak.

Simak Video: Sebelum Meninggal, Bocah Gorontalo Probable Gagal Ginjal Akut Sempat Konsumsi Obat Sirup

Reporter: Enda/Dulohupa