Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Rusli Tekankan APD Digunakan Sesuai SOP Protokol Kesehatan

Dulohupa.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mengingatkan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan seluruh rumah sakit agar penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap diperhatikan penggunaannya sesuai dengan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) protokol kesehatan. Hal itu diungkap saat melakukan peninjauan posko gugus covid 19 Provinsi Gorontalo di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (9/4/2020).

Jangan sampai sudah ada pasien yang terpapar covid 19 yang seharusnya ditangani dengan menggunakan APD lengkap, namun belum, tidak tersedia karena telah digunakan sebelumnya untuk penanganan kasus yang sebetulnya belum membutuhkan penggunaan APD lengkap.

” Jangan sampai ketika kita butuh, APD sudah digunakan tidak pada tempatnya. Sehingga saya minta agar harus tetap selektif untuk memberikan bantuan APD (lengkap) kepada rumah sakit maupun dinas kabupaten kota, sesuai kebutuhan, sesuai eskalasi yang terjadi,” jelas Rusli

Rusli menekankan agar APD digunakan sesuai Standar Operasi dan Prosedur (SOP) protokol kesehatan. Pemprov Gorontalo sangat memperhatikan kebutuhan dokter dan perawat karena jumlahnya yang sangat sedikit.

“Kami harapkan APD ini digunakan sesuai dengan protokol kesehatan. APD yang ada ini digunakan ketika melayani atau memberikan tindakan terhadap warga yang terpapar Covid-19,”harap Rusli

Selain itu, Rusli juga mengimbau agar pihak-pihak terkait mempedomani tata cara penggunaan dan pemanfaatan APD.

Sesuai informasi, Pemprov Gorontalo kembali menerima 1.000 APD untuk dokter dan tenaga medis. APD yang diterima kali ini merupakan APD paket lengkap, terdiri dari pakaian, kacamata, hingga sepatu.

Dan pada kesempatan tersebut juga diperagakan cara penggunaan APD lengkap oleh petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (adv)