Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Rusli Habibie : Jangan Ada Penimbunan Sembako Selama Siaga Covid-19

Dulohupa.id – Sebagai upaya untuk ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako), di wilayah Gorontalo tetap stabil selama masa siaga darurat virus corona atau Covid-19,  secara tegas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengingatkan kepada para pedagangan untuk tidak melakukan penimbunan. Kamis (26-03-2020)

Hal ini dtegaskan oleh Rusli Habibie dimana menurutnya jika ditemukan ada pedagang yang melakuykan penimbunan, pemerintah dengan melibatkan Polri akan bertindak tegas dengan mencabut perizinannya. Karena hingga saat ini Rusli menilai, ketersediaan sembako di daerah cukup untuk beberapa bulan ke depan.

“Kepada para pedagang, agen, sub agen dan para pengecer secara tegas saya ingatkan, untuk tidak melakukan penimbunan Sembako. Jika kedapatan ada laporan masyarakat, kami akan tindak tegas dengan melibatkan Polri. Kita akan cabut izin-izinnya,” tegas Rusli usai memimpin rapat terbatas pimpinan OPD.

Lebih lanjut dikatakan oleh Rusli Habibie, selain akan dicabut izin usaha, bagi para pedagang yang nakal akan dituntut dengan hukum pidana, karena saat ini masyarakat sedang kesulitan menghadapi ancaman wabah virus corona. Ancaman ini juga menurut Gubernur Gorontalo, berlaku kepada pedagang bahan bangunan.

Rusli berharap berharap dengan adanya efek kenaikan harga dolar tidak diimbangi dengan permainan harga di pasaran, terlebih jika ada pedagang yang sengaja menimbun semen, besi dan produk bahan bangunan lainnya.

“Ini instruksi bapak presiden, kami akan bertindak tegas,” imbuhnya.

Terakhir Rusli mengatakan, pada Kamis ini dijadwalkan pemerintah provinsi dan unsur Forkopimda akan turun langsung memantau ketersediaan bahan pokok di sejumlah agen.

“Untuk Wakil Gubernur Idris Rahim meninjau bahan pokok di sejumlah tempat di Kota Gorontalo, sementara itu saya akan jadwalkan meninjau ketersediaan gula di Pabrik Gula PT Tolangohula di Kabupaten Gorontalo,” tutupnya.(Adv/Rls/Ded)