Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMPROV GORONTALO

Rusli Habibie Berbagi Cerita Masa Kecil Hingga Jadi Gubernur Gorontalo

112
×

Rusli Habibie Berbagi Cerita Masa Kecil Hingga Jadi Gubernur Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) didampingi istriny Idah Syahidah saat menjadi narasumber dalam program “Ibu Pertiwi Memanggil, Belajar di RRI Kelas Inspirasi” yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia Gorontalo, Selasa (26/05/2020). Dalam kesempatan itu Rusli berbagi inspirasi melalui kisah hidupnya sejak ia kecil hingga menjadi Gubernur Gorontalo dua periode. Foto : Fadli- Humas

Dulohupa.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membagikan kisah perjalanan hidupnya sejak ia kecil hingga menjadi Gubernur Gorontalo. Ceritanya ia bagikan dalam program “Ibu Pertiwi Memanggil, Belajar di RRI Kelas Inspirasi” yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia Gorontalo, Selasa (26/05/2020).

Didampingi istrinya Idah Syahidah, Rusli menceritakan sejak kecil ia telah bergelut dengan kerasnya kehidupan. Rusli kecil dibiasakan ayahnya untuk berjualan kelapa hasil panen dengan membawa sendiri gerobak sapi. Dari warung ke warung ia menjajakan kelapa demi pundi-pundi rupiah.

“Dulu Sekolah Dasar (SD) saya itu pindah-pindah belajarnya. Bapak saya punya kebun kelapa di Batudaa, sementara saya tinggal di Tamalate. Kalau musim panjat kelapa atau panen kelapa itu sampai dua tiga bulan, selama itu juga saya tinggal di Batudaa dan selama itu juga saya belajar di SD di Batudaa. Kalau sudah selesai musim panen saya pindah lagi ke kota, belajar di SD yang di kota agar tidak ketinggalan pelajaran,” kisah Rusli.

Sebagian hasil penjualan kelapa itu Rusli bagikan kepada teman sebayanya untuk mereka gunakan membeli kue-kue tradisional. Kebersamaan dengan teman-temannya membuat Rusli mengerti arti berbagi kebahagiaan kepada sesama.

Tidak dinafikan, Rusli mengaku pernah melewati masa-masa bandel selama mengenyam bangku pendidikan sekolah dasar. Meski tergolong murid yang bandel, berkat kedisiplinannya Rusli selalu terpilih menjadi ketua kelas. Disiplin dan tanggung jawab itulah yang menurut Rusli membawanya hingga di posisi saat ini.