Ruas Jalan Duhiada’a Patilanggio dan Taluditi Tolinggula Jadi Perhatian Bupati Pohuwato

oleh -222 Dilihat
Bupati Pohuwato
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat duduk bersama membahas ruas jalan disejumlah wilayah Pohuwato bersama BPJN Provinsi Gorontalo, Dinas PUPR, dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo/Humas Pemda

Dulohupa.id – Perjuangan dan perhatian Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga terhadap ruas jalan yang ada di Pohuwato begitu besar. Dimana belum lama ini dirinya bertemu langsung dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Gorontalo, Dinas PUPR Provinsi Gorontalo dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo di Marina Beach Resort (MBR) Marisa, Minggu (28/11/2022).

Dalam pertemuan itu ada beberapa hal yang dibahas diantaranya ruas jalan Duhiada’a-Patilanggio, akses menuju bandara Pohuwato, dan akses dua kabupaten, yakni ruas jalan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, dan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Bupati Saipul menjelaskan, untuk ruas jalan Duhiadaa-Patilanggio akan dikerjakan tahun depan, mengingat jalan tersebut menjadi akses terdekat untuk wilayah dibagian barat Pohuwato maupun untuk ke bandara Pohuwato itu sendiri.

Selanjutnya untuk jalan menuju bandara dari Desa Imbodu Kecamatan Randangan jadi prioritas dari pemerintah provinsi. Karena akses ini nantinya pada 2024 akan sibuk dengan kenderaan yang akan masuk keluar bandara, karena awal tahun 2024 rencana bandara Pohuwato akan beroperasi.

Diakui Bupati Saipul bahwa jalan Desa Imbodu sudah teraspal namun belum sampai di bandara Pohuwato, sehingga jalan yang tersisa dan belum teraspal ini turut dibahas pada pertemuan dengan pihak yang menangani pekerjaan jalan tersebut.

“Ia, kami bertemu pihak yang memang benar-benar itu tugas mereka. Dinas PU sebagai pemelihara, sementara konstruksi/pekerjaan ada di balai Jalan. Olehnya pertemuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk memperjuangkan ruas jalan yang menjadi kebutuhan utama bagi daerah dan masyarakat Pohuwato yang Alhamdulillah dua ruas jalan itu dikerjakan pada 2023 mendatang,”jelasnya.

Selain itu, akses menghubungkan dua daerah sempat dibahas pula, yakni jalan tembus dari Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato ke Tolinggula, Kabupaten Gorut.

Meski diketahui belum menjadi prioritas tahun depan. Akan tetapi di tahun mendatang menjadi perhatian pemerintah. Karena apabila jalan ini bisa tembus maka arus kenderaan dan orang makin ramai. Dimana warga pohuwato yang mau ke Kabupaten Gorut atau ke Kabupaten Buol (Sulawesi Tengah) Sulteng sudah dekat, demikian pula sebaliknya yang mau ke Kabupaten Pohuwato atau ke Kabupaten Parimo (Parigi-Moutong) juga terasa dekat perjalanan daratnya karena akses yang diperpendek.

Manfaat lain apabila mau ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tidak perlu lagi berputar melewati jalan yang ada saat ini. Karena dari Kecamatan taluditi sudah terasa dekat, begitu pula dari Sulut ke Pohuwato atau ke Sulteng maupun ke daerah yang ada di pulau sulawesi.

“Akses penghubung kurang lebih 60 KM lagi, karena kedua daerah sudah ada jalan di wilayah masing-masing seperti di Taluditi maupun di Tolinggula itu sendiri. Tersisa 60 KM ini sempat dibahas pula pada pertemuan kami (Bupati Pohuwato) dengan Bupati Gorut belum lama ini. Baik Pemda Gorut maupun Pohuwato telah sepakat untuk pembukaan jalan tembus dua daerah tersebut,”ungkap Saipul.

Bukan itu saja, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga berharap, bentuk keseriusan mereka ini kiranya jadi perhatian tersendiri dari Balai Jalan Nasional atau pemerintah provinsi. Karena hanya untuk jalan tembusan kami bertemu langsung.

“Insyaallah ada mafaat besar dari pertemuan ini, meski belum untuk tahun 2023 minimal di tahun mendatang usulan ini jadi perhatian serius. Karena untuk kepentingan atau memperpendek jangkauan kedua daerah. Olehnya sekali lagi diharapkan usulan ini benar-benar jadi prioritas kedepan,”pungkas Bupati Saipul Mbuinga.

Reporter: Hendrik Gani