Prewedding Kaesang dan Erina Pakai Baju Adat Gorontalo

oleh -282 Dilihat
Kaesang Erina
Potret Prewedding Kaesang dan Erina Gudono saat Memakai Baju Adat Gorontalo. (Instagram Erina/Kaesang)

Dulohupa.id – Menjelang hari pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono membagikan foto-foto prewedding dengan tema Nusantara. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Kaesang bersama calon istri menggunakan baju adat pengantin dari Provinsi Gorontalo.

Kaesang yang merupakan Putra bungsu Presiden Jokowi itu mengenakan pakaian adat Paluwala, sedangkan Erina mengenakan baju adat Bili’u.

Dalam foto Preweeding yang diunggah dalam akun Instagramnya, Erina Gudono menulis Caption menggunakan bahasa daerah Gorontalo “Otolianguu Da’ah Yi’o” (Aku Sayang Sekali Padamu).

“Terima kasih sudah menunjukan kasih sayang yang tulus, sederhana dan apa adanya,” lanjut Erina dalam caption foto Preweddingnya.

Sebagai informasi, Bili’u adalah salah satu pakaian adat Gorontalo yang wajib digunakan mempelai wanita dalam upacara adat pernikahan.

Untuk kaum wanita, pakaian ini memiliki ciri dari bentuk kebaya tanpa motif dilengkapi dengan sarung pada bagian bawahnya. Aksesoris tambahan untuk pakaian tradisional Gorontalo cukup menarik seperti gelang padeta, ikat pinggang, dan bisa menggunakan Baya Lo Boute yaitu ikat kepala untuk rambut wanita.

Sementara Paluwala merupakan pakaian tradisional pria dari suku Gorontalo. Paluwala merupakan salah satu pakaian adat Gorontalo yang wajib digunakan dalam upacara pernikahan. Paluwala wajib digunakan oleh mempelai laki-laki dalam acara resepsi pernikahan atau pada acara kebesaran yang penting dan sakral.

Sedangkan tudung Makuta adalah sebuah hiasan kepala yang berbentuk mirip dengan bulu ungas. Tudung makuta merupakan hiasan tutup kepala yang menjadi suatu keunikan pakaian adat Gorontalo. Bentuk dari tutup kepala ini terkulai kebelakang dan menjulang tinggi. Tudung makuta juga disebut dengan laapia bantali sibii. Aksesoris kepala pria ini melambangkan filosofi dari sifat seorang suami yang sesuai adat gorontalo.

Sehingga Pasangan dari pakaian adat Paluwata adalah Bili’u, yang dikenakan oleh para perempuan Gorontalo dalam acara pernikahan.

Redaksi