Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

PPDP Asal Pohuwato Mendapat Apresiasi dari KPU RI

Dulohupa.id Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) asal Kabupaten Pohuwato mendapatkan apresiasi dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Viryan Azis melalui rapat daring (zoom metting), Senin (20/702020).

Apresiasi tersebut diberikan Viryan kepada 5 orang PPDP asal Kabupaten Pohuwato yang tersebar di tiga kecamatan, yang berhasil menjalankan kewajiban mereka dengan waktu yang terbilang cepat.

Ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali juga membenarkan apresiasi yang diberikan komisioner KPU RI tersebut.

Kata Rinto, memang ada beberapa anggota PPDP di Pohuwato yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan cepat.

“Mereka ini menyelesaikan pekerjaan dengan jangka waktu 5 hari saja. Setelah kami lantik pada tanggal 14 Juli kemarin,” kata Rinto saat ditemui wartawan Dulohupa.id di kantor KPU Pohuwato, Senin (20/7/2020).

Rinto juga menambahkan, seharusnya pekerjaan itu selesai pada tanggal 13 Agustus nanti. Akan tetapi, mereka lebih cepat dari batas waktu yang ditentukan pihak KPU Kabupaten Pohuwato.

Senada dengan Rinto, Firman Ikhwan, selaku Divisi Program Data dan Informasi KPU Kabupaten Pohuwato, juga mengungkapkan hal yang sama.

Firman menyampaikan, memang ada anggota PPDP asal Pohuwato yang mendapatkan apresiasi dari Komisioner KPU RI.

“Anggota PPDP yang mendapatkan apresiasi itu dari Kecamatan Dengilo, Paguat dan Popayato ,” ujar Firman melalui saluran telepon via WhatsApp, Senin (20/7/2020).

Firman juga menambahkan, bahwa saat ini menurut pantauannya, untuk wilayah Gorontalo sendiri baru dua kabupaten yang terkonfirmasi cepat menyelesaikan tugas mereka.

“Kami di KPU Pohuwato menggunakan aplikasi untuk memantau langsung pekerjaan para anggota PPDP. Sehingga kami bisa mengetahui bagaimana kinerja mereka di lapangan. Dan selain Pohuwato, ada juga anggota PPDP yang mendapatkan capaian serupa, yakni anggota PPDP di Kabupaten Bone Bolango,” tambahnya.

Adapun kunci sukses yang berhasil diterapkan para anggota PPDP asal Pohuwato itu menurut Firman, ialah, mereka menguasai situasi dan kondisi di lapangan saat mereka turun melakukan pendataan.

“Para anggota PPDP ini menguasai lokasinya, karena 3 dari 5 orang PPDP yang cepat menyelesaikan pekerjaannya juga menjabat sebagai kepala dusun di lokasi mereka masing-masing saat melakukan pendataan,” tutup Firman dalam akhir wawancara.(zul)