Untuk Indonesia

Potret Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Limboto

Dulohupa.id-Masyarakat memadati Masjid Agung Baiturrahman Limboto, Kabupaten Gorontalo untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5) pagi. 

Pantauan Dulohupa.id, sekitar pukul 06.00 WITA mulai dari pintu masuk terlihat banyak masyarakat berbondong-bondong untuk datang untuk melaksanakan salat Id berjamaah di Masjid Agung tersebut. Bahkan area parkir di depan masjid dan di area Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo terlihat penuh dengan kendaraan roda dua, roda tiga, dan roda empat.

Sebelum memasuki pintu masuk masjid warga di tes suhu tubuh, harus memakai masker dan wajib mencuci tangan dengan cairan hand sanitizer. Selain itu juga bagi warga yang lupa memakai masker, sudah disediakan masker kurang lebih sepuluh dos masker. 

Dedi Thalib asal Kelurahan Kayubulan mengatakan, ia merasa bersyukur pelaksanaan salat Id kali ini bisa dilakukan secara berjamaah di masjid. Kata Dedi, ia juga sangat berterima kasih kepada pemerintah setempat, karena sudah mengizinkan kembali untuk salat Id di tahun 2021 ini. 

“Walaupun masih di tengah pandemi COVID-19, saya warga Kabupaten Gorontalo sangat berterima kasih kepada pemerintah, karena sudah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan salat Id di masjid,” ungkap Dedi kepada Dulohupa.id

Sementara itu, ditemui usai melaksanakan salat Id,  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa memang tahun ini pihaknya telah mengizinkan salat Id berjamaah di masjid untuk tahun 2021. Akan tetapi dengan catatan protokol kesehatan harus diperketat. 

“Alhamdulilah untuk tahun ini kita bisa menyelenggarakan salat Idul Fitri di masjid, tapi protokol kesehatan di perketat,” ujar Nelson

Nelson juga mengungkapkan, pelaksanaan salat Id kali ini, walaupun masih di tengah pandemi COVID-19, tata cara pelaksanaanya berlangsung dengan sesuai protokol kesehatan seperti, jaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. 

“Saya bersyukur dan berterima kasih pelaksanaan shalat Id kali ini, masyarakat tetap mematuhi apa yang menjadi harapkan kami. Tadi juga bisa dilihat bagaimana kami semua saat masuk di atur, memakai masker dan menjaga jarak,” tandasnya. 

Adapun pelaksanaan shalat Id di masjid Agung Baiturrahman itu di pantau dan dilakukan pengamanan oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Gorontalo, Polri, TNI, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.