Untuk Indonesia

Pohuwato Tak Peringati HUT Pada 6 Mei Lagi, Ini Tanggal Resminya

Dulohupa.id- Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pohuwato tak lagi diperingati setiap tanggal 6 Mei. Sebab, dalam rapat penetapan Peraturan Daerah tentang hari jadi Kabupaten Pohuwato, seluruh anggota DPRD Pohuwato beserta Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato, beserta OPD terkait menetapkan HUT Pohuwato akan diperingati setiap tanggal 25 Februari.

Pemilihan tanggal 25 Februari karena pada tanggal tersebut, Kabupaten Pohuwato menjadi daerah otonom ditandai penetapan UU Nomor 6 Tahun 2003. Sementara pada 6 Mei, hanya merujuk pada hari pelantikan pejabat bupati pertama Pohuwato, yakni pada 6 Mei 2003.

“6 Mei itu diperingati hari ulang tahun berdasarkan pelantikan pejabat bupati Pohuwato pertama, dan tanggal 25 Februari berdasar pada ditetapkannya Kabupaten Pohuwato menjadi daerah otonom sendiri,” kata Nasir Giasi, Ketua DPRD Pohuwato, saat rapat penetapan Perda Hari Jadi Kabupaten Pohuwato, Selasa (9/2).

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga mengapresiasi perubahan perayaan hari jadi Pohuwato tersebut. Menurutnya, perubahan tersebut tidak akan mengurangi esensi dari hari lahirnya kabupaten Pohuwato.

Bupati Pohuwato bersama Ketua DPRD Pohuwato menandatangani hasil Rapat Penetapan Perda Hari Jadi Pohuwato di Aula Rapat Paripurna DPRD Pohuwato, Selasa (9/2). Foto Zul.

“Digantinya hari ulang tahun ini tidak akan mengganti esensi perayaan ulang tahun Kabupaten Pohuwato itu sendiri. Dan perubahan ini merupakan bagian dari sejarah daerah kabupaten Pohuwato yang kita cintai,” ujarnya dalam rapat tersebut.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.