Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOPEMPROV GORONTALO

PJ Gubernur Gorontalo Paparkan Sejumlah Program Prioritas 2023

372
×

PJ Gubernur Gorontalo Paparkan Sejumlah Program Prioritas 2023

Sebarkan artikel ini
Program Gubernur Gorontalo
Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer saat memaparkan program dalam diskusi bersama masyarakat di Warkop Pinogu, Limboto. (Foto: Diskominfo)

Dulohupa.id – Penjabat (PJ) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer hadir memaparkan sejumlah program prioritas yang akan dijalankan tahun 2023 ini.

Sejumlah program tahun 2023 itu disampaikan PJ Gubernur Hamka dalam diskusi bersama masyarakat warung kopi Pinogo, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (5/1/2023).

Menurut penjagub, kehadirannya di Provinsi Gorontalo ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Kemendagri ditekankan dalam tiga pesan utama oleh presiden. Pesan ini yang menjadi rujukan Hamka untuk menjalankan tugas tugas di daerah.

“Intinya masalah covid-19 sudah melandai. InsyaAllah seterusnya akan seperti ini hingga covid ini hilang. Kemudian ditekankan juga untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Di sini yang menjadi prioritas kami adalah menggerakkan ekonomi lokal, tentunya kita harus mendorong UMKM yang ada. Apa yang harus kita lakukan untuk mendorong agar UMKM ini tetap eksis,” kata Hamka

Menurutnya, untuk menggerakkan ekonomi lokal tidak bisa hanya berdiam diri di Gorontalo, harus membawa investor ke Gorontalo, dan harus membuat sebuah gebrakan kegiatan yang sifatnya nasional di Gorontalo. Inilah yang menjadi keinginan Hamka di tahun 2023, untuk menyelenggarakan asian mini football di Provinsi Gorontalo.

Hal lain yang menjadi perhatian penjagub adalah dari sektor pertanian. Dengan masyarakat yang sebagian besar adalah petani, Hamka ingin alat pertanian di Gorontalo semakin lengkap. Beberapa waktu yang lalu bersama Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo Hamka mengunjungi brigade alsintan milik Dinas Pertanian. Berkat kunjungan tersebut, DPRD akan mengusulkan brigade aslintan menjadi UPTD dan menambahkan anggaran untuk melengkapi alsintan

“Kemudian di bidang perikanan kita juga punya potensi. Kami mengadakan beberapa kapal GT yang kita serahkan ke kelompok nelayan. Kita juga menyerahkan motor coolbox untuk menaikkan omset penjual ikan,” jelasnya

“Yang jelas di tahun 2023 kami harus bisa membangkitkan ekonomi lokal usai pandemi ini. Yang tadi saya katakan adalah sebagian program yang harus bisa menyentuh langsung masyarakat. Nanti kami juga akan meningkatkan kualitas karawo yang memang adalah ciri khas kita. Sektor pariwisata juga harus bisa bangkit. Beberapa kali juga kami mendatangkan para investor. Selebihnya kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua untuk Gorontalo unggul,” tambahnya.

Dialog ini juga diisi dengan sesi diskusi hangat antara Hamka dengan masyarakat warung kopi. Turut hadir dalam dialog perwakilan anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Ketua PMI Provinsi Gorontalo, unsur akademisi dan para mahasiswa.

Adv/Kominfo