Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialNASIONAL

Pertamina dan BRI Kolaborasi Berdayakan UMKM Lokal Kembangkan Usaha

108
×

Pertamina dan BRI Kolaborasi Berdayakan UMKM Lokal Kembangkan Usaha

Sebarkan artikel ini
Pertamina UMKM
Foto bersama Pertamina, BRI, dan peserta sosialisasi program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) di Jakarta Utara

Jakarta Utara – PT Pertamina (Persero) menggelar program “Sosialisasi & Pembinaan PUMK: Akselerasi Bisnis UMKM” di Jakarta Utara. Program ini merupakan kolaborasi antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam upaya memberdayakan Usaha Mikro Kecil (UMK) bagi binaan yang telah mendapatkan pinjaman program Pendanaan Usaha Mikro (PUMK).

Hadir dalam kegiatan ini pelaku usaha mikro dan kecil penerima program PUMK Pertamina sinergi BRI yang siap dibina oleh Pertamina.

Dewi Sri Utami, Manager Small Medium Enterprise Partnership (SMEPP) Pertamina menyatakan bahwa Pertamina berkomitmen untuk terus memaksimalkan program PUMK melalui pembinaan usaha agar dapat membantu meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Weri Asdi, Manager Bisnis Mikro Branch Office BRI Tanjung Priok. Dalam sambutannya, Weri menyatakan bahwa BRI mendukung penuh dalam kemajuan UMK melalui program pendanaan usaha berbasis TJSL yakni PUMK sinergi Pertamina.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang kini berhasil mengembangkan usahanya Go Global adalah Lina S. Rahmania. Lina mampu membawa merek makanan bekunya, Sanrah Food mendunia ke Russia, Australia dan Cina melalui kegiatan Expo dan disukai banyak orang.

Atas keberhasilannya, Lina membagikan tips dan triknya dalam mengembangkan usaha agar siap bersaing, dengan terus mengupgrade ilmu kewirausahaan, rajin berpromosi, dan terus berinovasi.

Salah satu peserta, Dede Maesaroh yang memiliki usaha di bidang kuliner, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat memberikan manfaat terutama dalam pengembangan usahanya.