Untuk Indonesia

Permudah Petani, Distan Kabupaten Gorontalo Akan Merilis Kartu Tani

Dulohupa.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo semakin menyeriusi kebijakan untuk mempermudah petani dalam mengakses bantuan. Sebab, dalam waktu dekat ini, melalui Dinas Pertanian setempat akan merilis kartu tani. Nantinya, kartu ini bisa digunakan untuk mendapatkan kebutuhan pertanian seperti pupuk dan bibit bersubsidi.

Sektretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Hadijah U Tayeb dalam rapat Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), Rabu (3/2) mengungkapkan, bahwa rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) tidak lagi manual, melainkan elektronik berupa kartu gesek.

Menggunakan kartu tersebut kata Hadijah, bahwa petani mesti mulai menyesuaikan, sebab “Jika mereka salah memasukan NIK, ini akan sangat mempengaruhi petani ketika menebus pupuk, karena nama mereka tidak akan muncul bila proses penginputan ada yang salah,” ungkapnya di Aula Kantor Dinas Pertanian.

Meski begitu kata Hadijah, karena merupakan aturan pemerintah pusat, maka pihaknya akan mengevaluasi program tersebut.

“Intinya harus kita jalani dulu apa yang menjadi aturan. Kalau nanti bermasalah atau hanya merugikan, akan kita laporkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo menambahkan, bahwa saat ini pihaknya akan merilis setidaknya seribu kartu tani. Kata dia, pihaknya hanya perlu melakukan integrasikan data RDKK dari hasil liputan masing-masing kecamatan yang ada di dinas pertanian.

“Itu yang kita integrasikan agar kartu tani ini keluar sesuai jumlah kebutuhan petani yang ada di daftar petani RDKK, termasuk ada yang salah, itu langsung kita sesuaikan, kita perbaiki, sehingga keluarlah kartu tani,” pungkasnya.

Reporter: Dhedy Henga

Comments are closed.