Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOPEMPROV GORONTALO

Penjagub Gorontalo Ungkap Alasan Rotasi Pejabat Pemprov

278
×

Penjagub Gorontalo Ungkap Alasan Rotasi Pejabat Pemprov

Sebarkan artikel ini
Rotasi Pejabat
Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat mengikuti Dialog RRI bertempat di Warung Kopi Jalan Roda, Manado, Sulawesi Utara. (Diskominfotik)

Gorontalo – Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo Hamka Hendra Noer mengungkap alasan dirinya merotasi pejabat yang dilakukan baru baru ini. Pernyataan itu disampaikan Hamka saat menghadiri Dialog RRI yang berlangsung di Warung Kopi Jalan Roda, Kota Manado, Jumat (10/2/2023).

Dikatakan Hamka, Rotasi yang dilakukan sebagai bagian dari perbaikan tata kelola pemerintahan. Ia ingin sistem birokrasi berjalan konstruktif untuk mendukung tugasnya yang ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur.

“Rata rata birokrasi kita itu sudah berada di atas dua tahun (menjabat). Bahkan ada yang lebih. Oleh sebab itu, kita melaksanakan asesment untuk merotasi baik ke samping maupun ke atas,” tutur Hamka.

Lebih lanjut Staf Ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas itu menjelaskan, rotasi tidak dilakukan serta merta. Ia melakukan asesment dengan melibatkan Badan Kepegawaian Negara. Asesment sebagai bagian dari uji kompetensi aparatur yang akan mengisi jabatan tertentu.

“Kita provinsi pertama yang melakukan asesment sekitar 620 pegawai, baik eselon II, III dan IV. Kita mendapatkan apresiasi dari BKN,” imbuhnya.

Hamka menilai rotasi pejabat bagian dari memulai langkahnya sebagai penjabat kepala daerah. Birokrasi menurutnya harus terukur, profesional dan bekerja di jalur yang benar. Usai pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, rotasi juga akan dilakukan pada level administrator dan pengawas dalam waktu dekat.

“Saya yakin jika birokrasi berjalan baik maka lima tujuh tahun ke depan akan lebih maju dari sekarang,” harapnya.