Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALOPemilu 2024PEMPROV GORONTALO

Penjagub Gorontalo dan Istri Hanya Mencoblos Capres-Cawapres

36
×

Penjagub Gorontalo dan Istri Hanya Mencoblos Capres-Cawapres

Sebarkan artikel ini
Capres Wacapres
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Fima Agustina saat mengisi kertas suara usai mencoblos di TPS 001 di Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama istri Fima Agustina hanya mencoblos calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Wacapres) karena tercatat sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Ismail menggunakan hak pilihnya di TPS 001 di Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, Rabu (14/2/2024).

DPTb merupakan pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS, namun tidak dapat menggunakan haknya karena keadaan tertentu dan mengajukan pindah lokasi memilih ke TPS lain. Peraturan sesuai aturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih.

Meski lahir dan besar di Gorontalo, Staf Ahli Bidang Sosial, Politik, dan Kebijakan Publik Kemenaker RI itu terdata sebagai pemilih di Bandung, Jawa Barat tempat ia tinggal sebelum ditunjuk sebagai Penjagub. Itulah sebabnya Ismail Pakaya dan istri Fima Agustina hanya berhak mencoblos kertas suara Capres-Cawapres.

Selain DPTb, terdapat dua kategori pemilih lain yang dapat memilih di TPS diantaranya Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau pemilih yang terdata KPU dari data pemilih yang telah dimutakhirkan. Kemudian Daftar Pemilih Khusus yakni pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT ataupun DPTb.

Adv/Diskominfotik