Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemkot Gorontalo Gencar Tegakan Protokol Kesehatan di Pusat-Pusat Keramaian

Dulohupa.id – Alih-alih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo justru menggalakkan penegakan perilaku protokol kesehatan.

Menggalakkan penegakan protokol kesehatan itu sendiri, sudah disepakati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Gorontalo, yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Gorontalo, Jumat (2/10/2020).

Dalam kesepakatan tersebut, para pihaknya mengungkapkan akan menegakkan protokol kesehatan terhadap para pelaku usaha dan tempat-tempat keramaian.

“Kita akan menindaklanjuti instruksi gubernur tentang penerapan PSBB tersebut. Hanya saja perlu ada beberapa prosedur yang mesti kita lakukan, misalnya meminta surat rekomendasi dari Menteri Kesehatan,” kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Terkait PSBB sendiri, Marten mengungkapkan ada sekitar 75 persen masyarakat yang menolak. Makanya, sembari menindkalanjuti instruksi gubernur terkait PSBB, maka pihaknya akan terus mempertegas penegakan pendisiplinan protokol kesehatan.

“Selain itu yang menjadi pertimbangan kami untuk tidak melaksanakan PSBB di Kota Gorontalo. Pertama terkait dengan angka pasien Covid-19 yang sedikit, kemudian persiapan anggaran yang kurang memadai untuk akhir tahun,” tutur Marten.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: AI
Editor  : Wawan Akuba