Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pembangunan Waduk Bone Ulu Dipastikan Masuk Prioritas Nasional Tahun 2021

Dulohupa.id – Revitalisasi Bendungan Alale dan rencana pembangunan Waduk Bone Ulu di hulu sungai Bone, diprioritaskan sebagai langkah penanganan banjir yang  terjadi di Kabupaten Bone Bolango. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa, meninjau kerusakan Bendung Alale, Suwawa Tengah, Bone Bolango, Minggu (16/8)

“Kita akan rencanakan dengan baik, secara bertahap gitu ya. Setidak-tidaknya sampai tahun 2024 penanganan banjir di Gorontalo bisa diselesaikan,” ucap Suharso saat diwawancarai disela-sela kunjungan.

Lebih jauh katanya, penanganan banjir tidak bisa dilakukan secara parsial. Masalah di hulu hingga hilir sungai Bone harus diselesaikan secara bersama-sama. Terutama menyangkut rencana pembangunan Waduk Bone Ulu.

Harso memastikan, rencana pembangunan Bone Ulu masuk pada prioritas nasional tahun 2021. Beberapa masalah seperti adanya pembangkit listrik mikro hidro (PLTMH) di calon lokasi waduk diminta untuk diubah ke lokasi lain.

“Itu ternyata ada masalah juga di daerah mereka membangun PLTMH. Tadi saya sudah bicara dengan Pak Bupati (Bone Bolango) itu kalo bisa diubah lagi karena di situ titik terbaik untuk pembangunan waduk. Ini (waduk) sudah masuk di major project kami kok,” imbuhnya.

Selain meninjau Bendung Alale dan tanggul di Kelurahan Bugis, Suharso juga mencanangkan Pariwisata Sadar Protokol Kesehatan di obyek wisata Taman Laut Olele. Ia bersama istri juga menikmati keindahan bawah laut Olele dengan perahu katamaran.