Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Menyapu Jalanan

Dulohupa.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi menyiapkan tiga sanksi bagi masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan. Tiga sanksi itu adalah menyapu di jalan umum, menghafal pancasila dan wajib menyanyikan lagu kebangsaan.

Ini sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Satpol PP Provinsi Gorontalo, Sudarman Samad melalui Kepala Bidang (Kabid) Trantib, Marten Suleman saat diwawancarai awak media, Jumat (23/10).

“Sanksinya, sanksi sosial. Ada tiga. Pertama menyapu di jalan, kemudian menghafal pancasila, dan terakhir menyanyikan lagu kebangsaan di hadapan petugas,” ujar Marten.

Penerapan sanksi ini katanya, berlaku untuk semua masyarakat, tanpa memandang status sosialnya. Hal ini sesuai aturan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang penegakkan disiplin protokol kesehatan yang bertujuan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Provinsi Gorontalo.

“Perdanya kan untuk masyarakat Gorontalo. Jadi, siapa saja yang melanggar, akan dijatuhi sanksi. Semua rata. Tidak ada pandang bulu. Yang melanggar, yang disanksi. Mau dia ada jabatan atau tidak, kalau tidak patuh dengan protokol kesehatan akan disanksi,” tegas Marten.

Olehnya itu, Marten berharap, masyarakat Gorontalo terus patuh dengan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
**