Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMKAB GORONTALO

Nelson minta dana DAK harus dioptimalkan Tahun 2021

74
×

Nelson minta dana DAK harus dioptimalkan Tahun 2021

Sebarkan artikel ini

Dulohupa.id – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo melalui rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK)  meminta harus di optimalkan. Mengingat Aggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Gorontalo selalu meningkat, sebgai contoh pada tahun 2021, total APBD Kabupaten Gorontalo mencapai 1,5 triliun.

Namun kata Nelson, penyerapan aggaran untuk DAK masih kurang yaitu 13,9 persen yang seharunsya pada bulan ini harus mencapai 50 persen.

“Tapi penyerapan anggaran, baru 19 miliar, menunjukkan 13,9%. Kalau dilihat dari sisi waktu sudah masuk bulan Juni harusnya kalau dapat 50 persen,” ungkap Nelson Pomalingo, pada rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Jumat (4/6).

Sehingga untuk mencegah pengembalian dana seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya, Nelson meminta agar pihak Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo untuk memantau atau mengecek progres penyerapan dana DAK untuk Kabupaten Gorontalo.

“Karena data menunjukkan sejumlah OPD penyerapan anggarannya masih sangat rendah, bahkan ada yang 0 persen maka pencepatan dibahas hari ini untuk optimalisasi terkait penyerapan dana,” jelasnya.

Nelson menambahkan, dengan melalui Rapat koordinasi ini, agar mampu mengoptimalkan dan memepercepat penyerapan DAK fisik maupun non fisik, di tahun 2021 ini.

“Dana yang mencapai 280 miliar, yang terbagi dari 143 miliar DAK fisik, dan 135 DAK nonfisik harus di optimalkan sebaik mungkin,”