Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Menjelang Pendaftaran, KPU Pohuwato Matangkan Persiapan Melalui Rapat Koordinasi

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato tahun 2020, Selasa (1/9). Rapat itu digelar untuk mengukur sejauh mana persiapan pihaknya menjelang tahapan pendaftaran bapaslon yang akan dibuka pada 4 hingga 5 September 2020 mendatang, .

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali menuturkan, bahwa rapat yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali itu, untuk mempersiapkan tahapan pendaftaran agar berjalan lancar dan tanpa ada hambatan.

“Jadi hari ini memang kami menjadwalkan khusus untuk beberapa instansi dalam rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020. Pembahasaanya tak lain menyoal persiapan menjelang tahapan pendaftaran,” kata Rinto memberi keterangan saat diwawancarai.

Rinto juga mengatakan, beberapa instansi yang diundang hadir dalam rapat tersebut, agar KPU dapat berkoordinasi dengan baik saat tahapan pendaftaran akan dilangsungkan.

Seperti halnya dari pihak IDI Cabang Pohuwato, KPU akan berkoordinasi mengenai jadwal pemeriksan kesehatan yang akan dijalani oleh setiap Bapaslon.

“Koordinasi lainnya dengan pihak pengamanan. Kami mengundang pihak kepolisian dan TNI untuk mengonfirmasi bagaimana kesiapan personil yang akan mengawal proses atau tahapan pendaftaran nanti,” jelas Rinto.

Selain itu tambah Rinto, pihaknya juga mengundang pihak Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19, untuk berbicara terkait penerapan protokol kesehatan menjelang pendaftaran.

“Ini yang sangat penting sebenarnya, karena setiap tahapan akan diringi oleh setiap pendukung, dan kehadiran Satgas ini diharapankan dapat memberikan arahan terkait penerapan prokes kepada setiap bapaslon atau perwakilan parpol yang hadir pada rapat koordinasi hari ini,” ungkap Rinto.

Ia juga menambahkan, karena pada saat pendaftaran nanti, akan banyak massa dari setiap tim pendukung, “maka dari itu, penerapan prokes dan pembatasan orang akan kami lakukan guna mencegah terjadinya kluster atau penyebaran covid-19 di tahapan pendaftaran,” tutupnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau