Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPERISTIWA

Longsor Tambang Gorontalo, Korban Tewas Dievakuasi Pakai Helikopter

197
×

Longsor Tambang Gorontalo, Korban Tewas Dievakuasi Pakai Helikopter

Sebarkan artikel ini
Evakuasi Korban Longsor
Suasana sejumlah korban longsor tambang di Gorontalo saat dievakuasi menggunakan helikopter. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Satu unit Helikopter diterjunkan untuk membantu proses evakuasi korban yang tewas akibat longsor di tambang emas Motomboto, Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (09/7/2024) siang.

Helikopter AW 169 tersebut dikerahkan oleh Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri. Hal ini mempermudah proses evakuasi agar jenazah tidak lagi ditandu Tim SAR dengan berjalan kaki.

Salama selaku Komandan Regu (Danru) Tim Alfa Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo mengatakan, sejauh ini ada 7 jenazah yang dievakuasi menggunakan Helikopter menuju tanah lapang yang tidak jauh dari permukiman warga.

“Jadi yang dievakuasi oleh helikopter itu ada 7 orang, yang satunya sudah dievakuasi lewat jalur darat dan satunya lagi masih ada di lokasi dalam proses evakuasi,” kata Salama.

Hingga Selasa siang, tercatat 117 orang yang menjadi korban longsor, diantaranya 49 orang dalam pencarian, korban selamat 51 orang dan korban meninggal yang sudah teridentifikasi sebanyak 17 orang. Namun dari hasil laporan di lokasi longsor terinformasi masih ada 3 korban lainnya meninggal yang saat ini masih dalam upaya evakuasi.

Sebelumnya sebanyak 230 petugas gabungan TNI Polri dan kantor pencarian dan pertolongan Gorontalo maupun BPBD sudah kerahkan ke lokasi longsor. Para personel ditempatkan di titik-titik longsor serta pos-pos jalur perjalanan untuk evakuasi korban.

Untuk memaksimalkan pencarian korban, Basarnas pusat mengirimkan 11 orang personel serta bantuan dari tim SAR Manado Sulawesi Utara.

Redaksi Dulohupa