Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Tetapkan 102 Ribu Pemilih Tetap Dalam Pilkada 2020

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato tahun 2020. Penetapan itu dilaksanakan melalui rapat pleno, yang juga dihadiri oleh seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Setelah kita melalui tahapan yang cukup panjang, dari bulan Januari kita menerima DP4, Maret di serahkan ke KPU Pohuwato, dan tepat hari ini, perjalanan data itu berakhir dan diselesaikan,” ujar Rinto kepada wartawan, setelah kegiatan rapat pleno penetapan DPT, yang dilaksanakan di aula KPU Pohuwato, Jumat (16/10).

DPT yang ditelah ditetapkan KPU Pohuwato tersebut kata Rinto, berjumlah 102.786 pemilih yang berada di 13 kecamatan, 104 desa/kelurahan, dan tersebar di 306 TPS.

“Untuk persentasi gendernya, laki-laki berjumlah 51.832 pemilih dan perempuan 50.954 pemilih,” terang Rinto kepada wartawan.

Rinto sendiri menjelaskan, penetapan DPT tahun ini mengalami lonjakan dengan penetapan DPT pada Pemilihan Legislatif tahun kemarin.

“Memang terjadi lonjakan pada DPT kali ini, jadi jika merujuk pada DPT tahun kemarin sebanyak 99.839 pemilih dan tahun ini berjumlah 102.786 jumlah pemilih yang telah terdaftar di DPT, ” ujarnya.

Penetapan DPT ini sangat penting menurut Rinto, karena kebutuhan logistik yang dibutuhkan saat pemilihan tergantung dari jumlah DPT yang sudah ditetapkan tersebut.

“Fungsi ditetapkannya DPT ini sebagai penyiapan logistik nanti. Jadi dengan ditetapkannya DPT, kita dapat mengukur logistik yang kita butuhkan. Logistik itu dihitung berdasarkan jumlah pemilih dan selanjutnya jumlah sebaran TPS, desa dan kelurahan. Itu fungsi utama ditetapkannya DPT,” lanjut Rinto.

Ia juga menambahkan, dengan ditetapkannya DPT hari ini tidak serta merta menghilangkan hak pilih dari pemilih yang belum tercover. Sepanjang masyarakat pemilih tersebut masih memiliki KTP-el masih bisa digunakan untuk memenuhi hak pilihnya di TPS.

“Sepanjang masih memiliki KTP-EL masih bisa menggunakan Hak Pilih masyarakat. Tapi, kami sudah pastikan seluruh masyarakat Pohuwato sudah terdaftar dalam DPT tersebut,” imbuhnya di akhir wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau